Ziarah Kubur Dilarang Saat Lebaran, TPU Karet Bivak Sepi

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 11:37 WIB
Ziarah Kubur Dilarang Saat Lebaran, TPU Karet Bivak Sepi (Foto: Rakha/detikcom)
Ziarah Kubur Dilarang Saat Lebaran, TPU Karet Bivak Sepi (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Kegiatan ziarah di TPU wilayah Jabodetabek ditiadakan pada 12-16 Mei mendatang. Tempat pemakaman umum (TPU) Karet, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pun sepi peziarah.

Pantauan detikcom pukul 10.00 WIB, Kamis (13/5/2021), TPU Karet Bivak terpantau sepi dan tidak ada aktivitas ziarah. Padahal TPU ini biasanya ramai di kala menjelang Lebaran atau pasca-salat Idul Fitri.

Hanya terlihat sejumlah petugas tengah membersihkan makam di dalam TPU. Sedangkan di pintu Pasar Baru Barat (PSBB) kompleks pemakaman, tampak sejumlah orang ingin masuk karena baru saja ada keluarganya yang meninggal.

Ziarah Kubur Dilarang Saat Lebaran, TPU Karet Bivak Sepi (Foto: Rakha/detikcom)Ziarah Kubur Dilarang Saat Lebaran, TPU Karet Bivak Sepi. (Rakha/detikcom)

Terlihat pukul 10.15 WIB, ada iring-iringan mobil jenazah beserta rombongan membawa bendera kuning mencoba masuk. Namun, hanya mobil ambulans yang diperkenankan masuk ke dalam dan beberapa pihak keluarga. Petugas pamdal tetap membatasi pihak keluarga yang hendak mengikuti pemakaman.

Di depan gerbang TPU Karet Bivak terlihat penjagaan tenda petugas dari Satpol PP. Petugas menggunakan pengeras suara untuk memperingatkan tidak adanya kegiatan ziarah.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kegiatan ziarah di TPU di Jabodetabek ditiadakan mulai 12 hingga 16 Mei mendatang. Hal ini untuk mengurangi mobilisasi warga lintas wilayah selama Lebaran. Namun kegiatan pemakaman tetap bisa dilakukan.

(mae/mae)