Round-Up

Simak! Yang Harus Diperhatikan Saat Salat Id Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 05:03 WIB
Untuk pertama kalinya dalam 86 tahun, Hagia Sophia melaksanakan ibadah Salat Idul Adha. Masyarakat memadati dalam hingga pelataran bangunan bersejarah tersebut.
Foto: Ilustrasi Salat Id di tengah pandemi Corona (AP Photo)

Satgas COVID-19

Satgas COVID-19 meminta masyarakat untuk memperhatikan zonasi resiko COVID-19 saat menunaikan Salat Id. Warga yang berada di zona, Salat Id wajib digelar di rumah.

"Bagi masyarakat yang berada di zona risiko merah dan oranye maka diwajibkan untuk salat Id di rumah saja," kata juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers, Selasa (4/5/2021).

Sedangkan warga yang berada di zona kuning dan hijau, salat Id bisa dilaksanakan di masjid. Pelaksanaan salat tetap harus memperhatikan protokol kesehatan.

"Salat Id secara berjemaah dapat dilakukan di daerah dengan zona risiko kuning dan hijau dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan diikuti maksimal 50 persen jemaah dari total kapasitas masjid serta jemaah membawa perlengkapan sendiri," ujar Wiku.

Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga mengeluarkan aturan terkait Salat Id di DKI Jakarta. Hal itu tertuang dalam Seruan Gubernur Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat dalam Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease 2019 di masa Libur Idul Fitri 1441 H.

Anies menganjurkan salat Idul Fitri digelar di rumah masing-masing. Namun, jika warga ingin melaksanakan salat Id di luar rumah, dianjurkan untuk dilakukan di masjid setempat.

"Jangan pergi jauh, sekadar untuk melaksanakan salat Id supaya lokasi-lokasi kegiatan salat adalah lokasi yang dikunjungi orang setempat. Ini untuk menghindari penularan lintas wilayah dan semua dianjurkan ada di lokasi yang sama, baik itu di lapangan atau yang dilakukan di masjid. Bila dilakukan di masjid setempat, maka kapasitasnya 50 persen," kata Anies.

Halaman


Simak Video "Simak Panduan Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]

(maa/maa)