Malam Ini, Polisi Filter Kendaraan Antisipasi Takbir Keliling di DKI

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 20:06 WIB
KOMBES POL SAMBODO PURNOMO YOGO - Dirlantas Polda Metro Jaya sekat pemudik.
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnono Yogo (Iswahyudi/detik.com)
Jakarta -

Polda Metro Jaya memfilter kendaraan pada pukul 18.00-22.00 WIB untuk mengantisipasi masyarakat yang hendak takbir keliling. Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, membeberkan titik-titik filterisasi malam ini di Jakarta.

"Sudirman, Thamrin, Dukuh Atas. Kemudian Bundaran HI, Bundaran Patung Kuda, sampai Harmoni. Kemudian Veteran 3, kemudian Gambir. Semua kita laksanakan filterisasi," ujar Sambodo kepada wartawan di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Rabu (12/5/2021).

Apabila hingga pukul 22.00 WIB, jalanan masih ramai, Sambodo menyebut Jalan Sudirman-Thamrin ditutup untuk malam ini. Namun hal tersebut masih bersifat situasional.

"Nanti lihat perkembangan situasional. Nanti kalau misalkan jam 22.00 WIB saat mal-mal sudah tutup tapi situasi masih ramai, maka tidak menutup kemungkinan pukul 22.00 WIB akan dilaksanakan crowd free night dengan ditutup total tidak boleh ada yang melintas di Jalan Sudirman-Thamrin," jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran membeberkan ada 1.000 personel yang diterjunkan dalam pengamanan malam takbir kali ini. 1.024 personel disebar di 20 titik di Jakarta.

"Untuk seluruh anggota dan personel yang dilibatkan saya ucapkan selamat bertugas. Terdapat 1.024 personel yang terbagi di 20 titik pengamanan," kata Fadil dalam kesempatan yang sama.

Sebelumnya, TNI bersama polisi menggelar patroli berskala besar dalam rangka pengamanan malam takbir Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Masyarakat diharapkan tetap berada di rumah selama malam takbiran untuk mencegah kerumunan.

"Berdasarkan anjuran pemerintah dan surat imbauan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2021, masyarakat diharapkan untuk tidak merayakan malam takbir secara berkerumun di jalan raya. Namun kita diutamakan di rumah saja melalui fasilitas virtual," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Rabu (12/5).

Simak video 'Jelang Idul Fitri, Polisi Akan Turun ke Jalan Pantau Takbir Keliling':

[Gambas:Video 20detik]

(man/man)