Masjid Cut Meutia Jakarta Gelar Salat Id, Kapasitas Dibatasi 300 Jemaah

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 18:25 WIB
Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat akan menggelar salat Idul Fitri atau salat Id. Salat Id dibatasi kapasitasnya hanya 300 jemaah.
Masjid Cut Meutia Menteng (Arun/detikcom)
Jakarta -

Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, akan menggelar salat Idul Fitri atau salat Id. Salat Id dibatasi kapasitasnya hanya 300 orang.

"Salat Id memang diadakan di sini, di Masjid Cut Meutia, tentu adalah dengan catatan penting di antaranya tetap menjalankan protokol kesehatan," kata Imam Masjid Cut Meutia, Amin Mustofa, saat ditemui di kantornya, Rabu (12/5/2021).

Amin mengatakan jemaah yang hadir tetap harus mematuhi aturan 3M. Pihaknya akan melakukan tes suhu tubuh dan mengimbau jemaah agar membawa sajadah serta sudah berwudu dari rumah.

Imam salat Id, kata Amin, akan diminta memendekkan bacaan salat. Selain itu, khatib tidak akan berlama-lama dalam berkhotbah.

"Tentu adalah kelonggaran yang diberikan ini kita manfaatkan untuk sebaik-baiknya agar tidak ada istilahnya gejala atau klaster yang dikhawatirkan selama ini. Oleh karena itu, Masjid Cut Meutia siap menggelar salat Id dengan catatan penting, di antaranya tetap bawa sajadah masing-masing, ambil air wudu dari rumah," jelas Amin.

"Kemudian disingkat salatnya, kiai diminta ayatnya pendek-pendek saja dan khatibnya diimbau tidak terlalu panjang, paling panjang 10 menit untuk mempercepat bubar jemaah yang berkumpul," tambahnya.

Amin mengatakan kapasitas normal Masjid Cut Meutia bisa mencapai 5.000 orang. Namun salat Id besok hanya menampung 40 persennya, bahkan kurang. Jemaah juga akan ditampung di dalam masjid dan di halaman masjid.

"Kalau kapasitas normalnya ini bisa 5.000 barangkali ya, tapi ini diambil sekitar 40 persen paling nggak ada. Ya sekitar sedikit lagi, paling 200-300 karena masjid di sekitar sini semua mengadakan (salat Id), di hari libur masjid ini hampir sedikit jemaahnya," jelasnya.

Amin mengatakan biasanya ada pejabat yang salat Id di Masjid Cut Meutia sebelum pandemi virus Corona. Namun pihaknya untuk saat ini belum menerima kabar ada pejabat yang akan hadir.

"Kalau kemarin-kemarin tidak ada pandemi itu biasanya suka ada Keluarga Cendana, dulu Pak Menteri Perdagangan, atau Pak Agung Laksono, itu konfirmasi dia. Tapi sekarang nggak ada," ujarnya.

Salat Id di Masjid Cut Meutya digelar mulai pukul 07.00 WIB. Imam salat Id adalah Ustaz Mahfud Mustofa, sebagai khatib Ahmad Faisal Reza.

Simak video 'MUI Imbau Silaturahmi Lebaran Virtual-Salat Id di Rumah untuk Zona Merah':

[Gambas:Video 20detik]

(run/imk)