Menag: Saya Akan Takbiran dan Salat Id di Rumah Bersama Keluarga

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 17:45 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meluncurkan program Peta Jalan Kemandirian Pesantren di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kemenag, Jakarta.
Menag Yaqut (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan akan melakukan takbiran dan salat Idul Fitri di rumah. Dia akan menjadi khatib dan menyampaikan ceramah tentang hikmah puasa saat pandemi.

"Saya juga akan takbiran di rumah bersama keluarga inti, anak-anak dan istri. Kamis pagi, saya akan menjadi imam dan khatib salat Id di rumah. Saya akan menyampaikan pesan khatib tentang hikmah puasa dan spirit Idulfitri di tengah pandemi," kata Menag Yaqut dalam keterangan tertulis, Rabu (12/5/2021).

Dia menjelaskan bahwa pandemi Corona ini telah mempertajam pemahaman umat terhadap inti ajaran agama, yakni soal nilai-nilai kemanusiaan.

"Pandemi COVID-19 telah mempertajam pemahaman kita bahwa salah satu inti ajaran agama adalah menjaga nilai-nilai kemanusiaan. Ramadan dan Idulfitri saat pandemi semakin perkuat nilai kemanusiaan," ungkapnya.

"Puasa dan ibadah lainnya yang telah dijalani selama Ramadan dalam suasana pandemi ini semoga meningkatkan kualitas ketakwaan kepada Allah sehingga menjadi spirit baru bagi kita untuk terus menebarkan kebajikan dan rahmat bagi semesta," sambung Menag Yaqut.

Selanjutnya
Halaman
1 2