Doa Akhir Ramadhan yang Dianjurkan Rasul dan Keutamaannya

Rahma Indina Harbani - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 16:32 WIB
Ilustrasi pasangan berdoa
Ilustrasi Doa Akhir Ramadhan (Foto: Getty Images/Rifka Hayati)
Jakarta -

Bacaan doa akhir bulan Ramadhan bisa diamalkan sore hari ini, mengingat menurut hasil Sidang Isbat Kementerian Agama, Idul Fitri 1442 H akan jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021 besok. Selain doa,

saat memasuki hari-hari terakhir Ramadhan, terdapat beberapa amalan yang diajarkan Rasulullah, misalnya dengan membaca takbir.

Berikut ini doa akhir Ramadhan yang diajarkan oleh Rasulullah saat memasuki hari-hari akhir bulan Ramadhan.

Dikisahkan dari Jabir bin Abdillah RA dari Muhammad al Mustafa: Beliau bersabda, siapa yang membaca doa ini pada hari terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan di antaranya menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah.

أَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Bacaan latin: Allahumma laa taj'alhu aakhiral 'ahdi min shiyaamina iyyaah, fa-in ja'altahu faj'alnii marhuuman wa laa taj'alnii mahruuma.

Artinya: "Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan yang hampa semata."

Doa akhir Ramadhan lainnya yang dapat dibaca saat malam takbiran atau malam Hari Raya Idul Fitri sesuai dengan saran dari Ustaz Abdul Somad, bunyinya:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ

Bacaan latin: Taqabbalallahu minna wa minkum.

Artinya: "Semoga Allah menerima amal kita."

Selain membaca doa, seperti yang dikutip dari buku Idul Fitri tulisan Muhammad Saiyid Mahadhir, Lc., M. Ag, saat memasuki akhir bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk banyak membaca takbir dari terbenamnya matahari hingga menjelang sholat Idul Fitri.

Membaca takbir juga di akhir Ramadhan sesuai dengan firman Allah dalam Al Quran Surah Al Baqarah ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur."

Selain itu kita dianjurkan sholat maghrib berjamaah, sholat isya berjamaah, membaca Al Quran, sholat tahajud, sholat witir, berdzikir, dan sholat shubuh berjamaah. Amalan tersebut tetap berlanjut meski sudah bergantu bulan dari Ramadhan menuju Syawal.


Dilansir dari buku Misteri Kedua Belah Tangan dalam Shalat, Zikir, dan Doa karya DR. KH. Badruddin Hasyim Subky, M. HI, keutamaan membaca doa di malam penghujung bulan Ramadhan tertuang dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Dailani Rasulullah bersabda:

"Ada lima malam di mana doa tidak akan tertolak, yaitu malam pertama bulan Rajab, pertengahan dari bulan Sya'ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha." (HR. Ibnu Dailani)

Jangan lupa baca doa akhir Ramadhan di atas mulai hari ini ya, sahabat hikmah!

(erd/erd)