Sepinya TPU Karet Bivak Saat Kegiatan Ziarah Ditutup Selama Lebaran

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 14:03 WIB
TPU Karet Bivak sepi saat kegiatan ziarah ditutup
TPU Karet Bivak sepi saat kegiatan ziarah ditutup. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Kegiatan ziarah di TPU wilayah Jabodetabek ditiadakan hari ini hingga 16 Mei mendatang. Kondisi TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, sepi dari peziarah.

Pantauan detikcom, Rabu (12/5/2021) pukul 12.45 WIB, kondisi TPU Karet Bivak terpantau sepi. Tidak ada aktivitas peziarah keluar-masuk area makam.

Pintu masuk di sisi utara dan timur terpantau dalam kondisi tertutup. Akses keluar-masuk sifatnya hanya terbatas untuk petugas pengamanan dalam (pamdal) atau petugas makam.

TPU Karet Bivak sepi saat kegiatan ziarah ditutupTPU Karet Bivak sepi saat kegiatan ziarah ditutup. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)

Terlihat spanduk pengumuman larangan berziarah terpasang di dekat gerbang. Sebanyak 2-5 petugas pamdal juga berjaga. "Taman Pemakaman Umum Tutup Sementara Untuk Kegiatan Ziarah Mulai Rabu 12 Mei-Minggu 16 Mei 2021," tulis spanduk yang terpasang.

Sementara itu, para penjual bunga juga terlihat masih berjualan di sekitar area makam. Namun, tidak banyak pengunjung yang datang.

Kegiatan pemakaman juga masih dilakukan di TPU Karet Bivak. Terpantau satu ambulans masuk dan menuju area pemakaman. Petugas pamdal tetap membatasi pihak keluarga yang hendak mengikuti pemakaman.

Di sekitar area pemakaman juga terlihat spanduk imbauan untuk taat protokol kesehatan COVID-19. "Kawasan wajib pakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir," tulis spanduk itu.

TPU Karet Bivak sepi saat kegiatan ziarah ditutupTPU Karet Bivak sepi saat kegiatan ziarah ditutup. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kegiatan ziarah di TPU di Jabodetabek ditiadakan mulai 12 hingga 16 Mei mendatang. Hal ini untuk mengurangi mobilisasi warga lintas wilayah selama Lebaran. Namun kegiatan pemakaman tetap bisa dilakukan.

(run/imk)