Round-Up

Kaitan Dalang Kerusuhan Papua 2019 dengan Veronica Koman

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 06:02 WIB
Terduga aktor demo rusuh Papua 2019, Victor Yeimo
Victor Yeimo saat diperiksa polisi (Foto: dok. istimewa)
Jayapura -

Dalang kerusuhan Papua pada tahun 2019, Victor Yeimo, ternyata memiliki kaitan dengan Veronica Koman, sosok yang juga dianggap sebagai salah satu provokator kerusuhan itu. Victor Yeimo disebut menyuplai data untuk Veronica Koman.

Keterkaitan antara Victor Yeimo dan Veronica Koman itu diungkap Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri di Kota Jayapura. Fakhiri mengatakan,Victor Yeimo membagikan data yang didapatnya dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB) kepada Veronica Koman yang berada di Australia.

"Sementara penyelidikan tentang itu karena selama ini mereka sama-sama memberitakan hal-hal yang tidak benar tentang Papua. Yang bersangkutan (Victor Yeimo) ini ambil data dari KNPB, kemudian dibagikan kepada Veronica Koman yang berada di Australia sana. Jadi dia ini seperti penyuplai data bagi Veronica Koman," kata Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri di Kota Jayapura, Selasa (11/5/2021).

Selain itu, kata Fakhiri, Victor Yeimo bersama Veronica Koman hadir dalam sidang HAM PBB di Swiss pada Maret 2019. Dalam pertemuan tersebut, keduanya berbicara tentang hak berpendapat masyarakat Papua dan menentukan nasib sendiri atau merdeka.

Fakhiri mengatakan, saat ini masih terus mengorek informasi dari Victor Yeimo yang sebelumnya berhasil diringkus di Jayapura pada 9 Mei 2021 lalu. Polisi mendalami perihal hubungan juru bicara KNPB itu dengan Veronica Koman.

Lihat juga video 'Tanggapan Polri Soal Viralnya Video Demo Aktivis RI dengan WNA':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2