detikcom Do Your Magic

Ada Harapan Bekas Longsor Jl Tanjung Burung Tangerang Diaspal

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 17:56 WIB
Penampakan perbaikan longsor di Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Kabupaten Tangerang
Foto: Afzal Nur Iman/detikcom
Jakarta -

Meskipun lokasi longsor di Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Kabupaten Tangerang, telah bisa dilewati, ada harapan jalan tersebut diaspal seperti sebelumnya.

"Ya harapan saya sih diperbaiki sebaik mungkin, lebih rapi lagi, kan kalau belum diaspal gini masih ngeri ya buat jalan, licin batu-batunya," kata Joni Odon saat ditemui di sekitar lokasi, Selasa (11/5/2021).

Joni, yang mengaku sebagai tokoh masyarakat, belum mengetahui bagaimana kelanjutan perbaikan bekas longsoran tersebut. Namun, menurutnya, kondisi seperti ini sudah lebih baik dibanding sebelumnya.

"Kalau untuk di-hot mix atau diaspalnya saya kurang tau ya, tapi saya sebagai pengguna jalan sudah cukup nyaman," ujarnya.

Jalan bekas longsoran dirasa lebih nyaman dilewati dibanding jalan darurat yang dibuat. Jalan darurat lebih bergelombang dan tidak rata, jalannya harus berbelok dan naik turun. Terlebih warga juga lebih terbiasa melewati jalan bekas longsoran tersebut.

"Kalau dilewati lebih (enak) yang atas, kalau yang bawah (alternatif) kan kenapa dibikin jalan, tadinya kan nggak ada badan jalan, makanya dibikin sementara mungkin yah, biar kendaraan bisa mondar-mandir yah," jelasnya.

Warga sekitar Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Tangerang, Joni OdonWarga sekitar Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Tangerang, Joni Odon. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Berbeda dengan Joni, Baharudin yang merupakan warga sekitar justru ingin ke depannya bekas longsoran tersebut tidak lagi digunakan sebagai jalan. Ditakutkan jalan tersebut akan kembali longsor.

"Untuk kelanjutannya ya kita minta jalan lebih baik ke bawah, yang atas untuk tanggul aja," ucapnya.

Baharudin bersyukur tanggul segera diperbaiki. Sebelum diperbaiki dan dibuat jalan darurat, dia kerepotan jika harus melintas karena harus lewat pemukiman warga dan kerap terjadi macet.

Warga sekitar Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Tangerang, BaharudinWarga sekitar Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Tangerang, Baharudin. (Afzal Nur Iman/detikcom)

"Setelah diperbaiki, ya, nggak ganggu warga lah jalan ke dalam ganggu masyarakat, tadinya keganggu kan, lalu lalang orang-orang pakai jalan, tadinya lewat sini jalan macet, kita juga berterima kasih lah," jelasnya.

Tanggul itu sempat longsor pada Sabtu (13/3) lalu dan akses jalan sempat terputus. Hal tersebut sangat mengganggu aktivitas warga dan berdampak pada perekonomian masyarakat setempat.

(aik/aik)