Kemenhub: Lebih dari 138 Ribu Mobil Keluar Jakarta Per Hari

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 17:25 WIB
Polisi melakukan penyekatan di jalur tikus di Bekasi menuju Karawang. Pada hari kedua larangan mudik ini, puluhan kendaraan diputar balik polisi.
Ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan masih banyak pemudik yang bersikeras untuk keluar Jakarta. Tercatat setiap harinya lebih dari 138 ribu mobil keluar Jakarta.

"Sampai hari ini saja sudah kita tercatat khususnya kendaraan pribadi dan sepeda motor lebih dari 138.000 per hari mobil yang keluar Jakarta, kemudian yang motor ini juga banyak sekali," kata Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati dalam siaran YouTube BNPB, Selasa (11/5/2021).

"Sebagian memang memenuhi syarat tetapi sebagian pihak yang lain adalah pihak-pihak yang ngeyel gitu ya, kita sebagian sudah diputar balikkan karena tidak memenuhi syarat. Tapi ya memang masih aja yang bersikeras," sambungnya.

Adita berharap masyarakat untuk menahan diri agar tak mudik. Adita mengingatkan terhadap bahaya pemudik akan membawa virus ke kampung halaman.

"Kita pikir masih ada beberapa hari lagi peniadaan mudah-mudahan banyak yang masih bisa menahan diri. Kalau pun yang sudah sampai harus menyadari betul bahwa di daerahnya ini mereka harus bisa mereka udah betul-betul menerapkan protokol, syukur-syukur mencoba tes deh. Jangan sampai mereka menjadi pembawa virus ini dan jangan sampai membahayakan keluarga di kampung halaman," kata dia.

Adita mengatakan bahwa transportasi umum yang terkumpul dalam satu titik relatif lebih disiplin. Jumlah penumpang kata, Adita turun sangat signifikan.

"Kalau kita bicara transportasi udara, laut kereta api itu relatif sudah sangat disiplin bahkan kita melihat ada penurunan hingga 77 persen dari semua moda transportasi itu. Di pesawat lebih drastis lagi 93 persen di masa peniadaan mudik. Kemudian kalau kereta api sampai 88 persen. Transportasi di satu titik keberangkatan itu sudah sangat bangus screening-nya. Dari data memang drastis sekali," tutur dia.

Lihat juga Video: Jubir Covid-19 Sayangkan Warga yang Nekat Mudik, Potensi Peningkatan Kasus

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2