Tiba di Jambi, 11 Pemudik Asal Sumsel Positif Swab Antigen

Ferdi Almunanda - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 16:42 WIB
Larangan mudik telah diberlakukan sejak Kamis (6/5) lalu. Penyekatan pun dilakukan di sejumlah titik di kawasan Bekasi, salah satunya perbatasan Bekasi-Karawang
Ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Sebanyak 11 pemudik asal Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan menuju Jambi terkonfirmasi virus Corona via tes swab antigen setelah diperiksa tim gugus tugas pemantauan sekat arus mudik di Jambi. 11 pemudik itu kini telah dibawa ke RS Jambi untuk dilakukan isolasi.

"Ada 11 pemudik yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pemudik ini hasilnya positif Covid-19 setelah diperiksa oleh tim medis di pos penyekatan. 11 pemudik ini mereka dari Sumsel dan Lubuk Linggau mau masuk ke Jambi, sampai Jambi test swab antigen hasilnya positif," kata Wakasatgas Ops Dirlantas Polda Jambi, AKBP Mufrizan kepada detikcom, (11/5/2021).

Polisi sejauh ini belum mengetahui secara pasti dari mana pemudik itu tertular virus Corona. Para pemudik yang positif swab antigen itu dibawa ke rumah sakit untuk menjalani isolasi.

"Karena hasilnya positif maka kita serahkanlah pemudik itu ke RS untuk di lakukan isolasi. Ini data yang kita dapatkan dari seluruh pos penyekatan yang ada di Jambi," ujar Mufrizan.

Polda Jambi menggelar Operasi Ketupat Siginjai 2021 saat larangan mudik jelang hari raya lebaran. Ada sebanyak 1.788 kendaraan yang diputar balik polisi sejak pemberlakuan larangan mudik pada 6 Mei.

"Total keseluruhan saat ini yang kita paksa putar balik kendaraannya itu ada sebanyak 1.788 kendaraan yang diputar balik. Ini mereka yang diputar balik baik yang mudik ke Jambi ataupun mudik ke luar Jambi," kata Mufrizan

Kendaraan yang diputar balik itu terdiri dari kendaraan roda empat dan bus antar provinsi. Polisi terpaksa memutar balik kendaraan pemudik karena sesuai ketentuan larangan mudik oleh pemerintah.

"Kalau sampai saat ini banyak dari pemudik yang menggunakan roda empat dan bus yang kita putar balik. Banyak dari pemudik ini ada yang gunakan mobil pribadi, ada yang gunakan jasa travel ataupun bus. Semua nya itu diputar balik saat melintas di pos penyekatan antar provinsi di Jambi," ujarnya

Sejauh ini ada 6 pos penyekatan yang sudah beroperasi di Jambi. 6 pos penyekatan itu ada di perbatasan Jambi-Sumsel, di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi-Lubuk Linggau, di Kabupaten Sarolangun, Jambi-Riau, di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi-Padang di Kota Sungai Penuh Jambi-Damasraya di Kabupaten Bungo dan Jambi-Solok Selatan Kabupaten Kerinci.

(lir/lir)