detikcom Do Your Magic

Jelang Akhir Ramadan, Belum Ada Tawuran Dekat Jembatan Kota Paris

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 12:11 WIB
Pengerjaan taman di Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, 10 Mei 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Foto: Pengerjaan taman di Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, 10 Mei 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Ramadan tahun ini sudah menjelang akhir-akhir. Namun, sampai saat ini, belum ada tawuran terjadi di sekitar Jembatan Kota Paris, Johar Baru Jakarta Pusat yang dikenal rawan.

"Alhamdulillah (belum ada tawuran di ramadan ini). Doakan kondusif terus," ucap Camat Johar Baru, Nurhelmi Savitri, saat dihubungi, Selasa (11/5/2021).

Menurut Nurhelmi, saat ini pihak kecamatan sedang membahas penjagaan di kawasan Johar Baru selama malam takbiran hingga saat idul fitri. Sehingga, tidak terjadi tawuran dan hal-hal lain.

"Ini baru dirapatkan. Penjagaan tetap berjalan seperti biasa, malah lebih ditingkatkan lagi dengan personel yang lebih lengkap," katanya.

Seperti diketahui, menurut pengakuan warga sekitar, tawuran terakhir terjadi pada seminggu sebelum puasa.

Saat ini, Jembatan Kota Paris yang sering jadi akses tawuran, sedang disuplap menjadi taman. Taman itu disebut akan menutup akses bagi orang yang tawuran.

Namun, pihak Dinas Pertamanan dan Hutan Kota khawatir pembangunan taman di Jembatan Kota Paris yang rawan tawuran terhambat oleh perusakan. Agar taman aman saat jeda lebaran besok, Satpol PP akan ikut menjaga bersama unsur aparat lainnya.

"Sudah dirapatkan Camat Johar Baru. Kami buat posko dan tetap dijaga (saat lebaran)," kata Kepala Satpol PP Jakarta Pusat, Bernard Tambunan, Selasa (11/5/2021).

Nantinya, penjagaan akan dilakukan Satpol PP bersama unsur aparat lainnya, yakni pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan Bimbingan Masal Polri (Bimaspol).

"Jadi Satpol PP tidak berdiri sendiri berjaga. Untuk hari libur lebaran tetap dijaga, per tiga jam aplus," kata dia.

(aik/dnu)