2 Terminal di DKI Siapkan Bus Lanjutan untuk Antar Warga ke Bodetabek

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 12:10 WIB
Terminal Pulogebang jelang libur Natal 2021
Foto: Ilustrasi Terminal Bus Pulogebang (Luthfi Anshori/detikcom)
Jakarta -

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana menyiapkan angkutan bus lanjutan untuk melayani penumpang selama Libur lebaran 2021. Angkutan bus ini akan ditempatkan di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur dan Kalideres, Jakarta Barat.

"Dari Dishub DKI Jakarta karena yang dibuka hanya dua terminal yaitu Kalideres dan Pulogebang, tentu kami akan siapkan angkutan lanjutan," kata Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (11/5/2021).

Sejauh ini, Syafrin tengah berkoordinasi dengan pemerintah Jabodetabek terkait penyediaan bus ini. Nantinya, bus lanjutan ini dapat mengantarkan penumpang menuju wilayah Jabodetabek.

"Dari kedua terminal tersebut dari wilayah DKI Jakarta dan Jabodetabek sehingga siapa pun penumpang yang turun di kedua terminal tersebut mereka akan langsung bisa mendapatkan angkutan lanjutan dengan baik," jelasnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta memutuskan membuka dua terminal angkutan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) selama larangan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021. Dua terminal tersebut adalah Terminal Pulogebang di Jakarta Timur dan Terminal Kalideres di Jakarta Barat.

Di sisi lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga Ibu Kota tidak melakukan mudik lokal ke kawasan Bodetabekjur saat Lebaran. Dia meminta warga berlebaran di rumah.

Hal itu merupakan hasil kesepakatan rapat koordinasi dengan Pangdam Jaya, Kapolda Metro Jaya, Kajati, Gubernur Jawa Barat, Pemprov Banten hingga wali kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Cianjur, Kota Tangsel, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang. Hasil rapat itu disepakati sejumlah poin terkait Idul Fitri, salah satunya mudik lokal atau kegiatan saling mengunjungi.

"Ada kesepakatan tentang kegiatan saling mengunjungi disepakati tadi bahwa masyarakat diprioritaskan berkegiatan di rumah saja dan dianjurkan untuk tidak melakukan kegiatan saling mengunjungi dalam wilayah yang sama atau lintas wilayah baik skala kampung, kelurahan, kecamatan, kota, kabupaten, ataupun provinsi," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta, Senin (10/5/2021).

"Ini menjawab yang selama ini sering menjadi diskusi bahwa saling mengunjungi dalam kampung, antar kampung, maupun antarkelurahan, antarkecamatan tidak dianjurkan," imbuhnya.

(aud/aud)