Doa Akhir Ramadhan, Diajarkan Nabi dan Diamalkan pada 10 Hari Terakhir

Rahma I Harbani - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 19:53 WIB
side of asian young beautiful muslim woman pray with beads and read quran sit on carpet mat with meditation in mosque.
Foto: Getty Images/iStockphoto/mkitina4/Doa Akhir Ramadhan, Diajarkan Nabi dan Diamalkan pada 10 Hari Terakhir
Jakarta -

Ramadhan segera berakhir. Dalam hitungan hari, kita akan mulai memasuki malam terakhir di bulan Ramadhan. Amalan yang disunnahkan saat malam terakhir bulan Ramadhan adalah membaca takbir dan berdoa.

Berikut ini bacaan doa yang diajarkan Nabi Muhammad saat memasuki penghujung akhir bulan Ramadhan.

Dari Jabir bin Abdillah RA dari Muhammad al Mustafa: Beliau bersabda, siapa yang membaca doa ini pada hari terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan di antaranya menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah.

أَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Bacaan latin: Allahumma laa taj'alhu aakhiral 'ahdi min shiyaamina iyyaah, fa-in ja'altahu faj'alnii marhuuman wa laa taj'alnii mahruuma.

Artinya: "Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan yang hampa semata."

Selain doa akhir Ramadhan tersebut, Ustaz Abdul Somad menyarankan doa lainnya yang dianjurkan dan dapat dibaca pada malam menjelang Hari Raya Idul Fitri, berikut bacaannya:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ

Bacaan latin: Taqabbalallahu minna wa minkum.

Artinya: "Semoga Allah menerima amal kita."

Keutamaan membaca doa di malam penghujung bulan Ramadhan tertuang dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Dailani yang dikutip dari buku Misteri Kedua Belah Tangan dalam Shalat, Zikir, dan Doa karya DR. KH. Badruddin Hasyim Subky, M. HI, Rasulullah bersabda:

"Ada lima malam di mana doa tidak akan tertolak, yaitu malam pertama bulan Rajab, pertengahan dari bulan Sya'ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha." (HR. Ibnu Dailani).

Semoga, doa akhir Ramadhan di atas bisa diaplikasikan bersama oleh sahabat hikmah di penghujung bulan Ramadhan ya sahabat hikmah.

(nwy/nwy)