Tanda-tanda Wanita Akhir Zaman Menurut Rasulullah

Kristina - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 17:31 WIB
Portrait of Malaysian or Indonesian Muslim young woman with light blue colored hijab
Foto: Getty Images/Drazen_/Tanda-tanda Wanita Akhir Zaman Menurut Rasulullah
Jakarta -

Salah satu tanda wanita akhir zaman adalah maraknya sifat tabarruj di kalangan mereka. Sifat ini sudah ada sejak zaman wanita jahiliyah.

Dikutip dari jurnal Walisongo, tabarruj artinya berhias diri dan bertingkah laku. Sementara itu, menurut istilah, tabarruj adalah wanita yang menampakkan perhiasannya kepada laki-laki yang bukan mahramnya.

Pengertian tentang salah satu tanda wanita akhir zaman atau tabarruj ini dijelaskan dalam Q.S al Ahzab ayat 33 sebagai berikut:

وَقَرْنَ فِى بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ ٱلْجَٰهِلِيَّةِ ٱلْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتِينَ ٱلزَّكَوٰةَ وَأَطِعْنَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥٓ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ ٱلرِّجْسَ أَهْلَ ٱلْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

Artinya: "Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya."

Adapun sifat tabarruj yang terjadi pada zaman jahiliyah di antaranya mereka yang keluar dari rumah dan berjalan di antara laki-laki, wanita yang berjalan lenggak-lenggok (genit), wanita yang memakai wewangian, wanita yang berjalan di tengah jalan dengan mengenakan pakaian dari batu permata, dan wanita yang mengenakan kerudung tapi nampak perhiasan di leher dan telinga.

Rasulullah SAW pernah bersabda dalam sebuah hadits, bahwa di antara para penghuni neraka adalah para wanita yang berpakaian namun telanjang. Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim sebagai berikut,

Dari Abdullah bin 'Amr bin al-'Ash ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Akan ada di akhir umatku (nanti) wanita-wanita yang berpakaian (tapi) telanjang, di atas kepala mereka (ada perhiasan) seperti punuk unta, laknatlah mereka karena (memang) mereka itu terlaknat (dijauhkan dari rahmat Allah SWT)". (HR. Muslim)

Selain tabarruj, banyaknya kaum wanita dibandingkan kaum laki-laki merupakan tanda-tanda akan datangnya hari kiamat (akhir zaman). Diriwayatkan dalam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Sesungguhnya di antara tanda-tanda akan datangnya hari kiamat adalah diangkatnya ilmu, merebaknya kebodohan, merajalelanya perzinahan, merajalelanya khamr, sedikitnya jumlah laki laki, banyaknya jumlah wanita sehingga limapuluh wanita dipimpin oleh satu orang laki-laki". (H.R Bukhari)

Sahabat hikmah, setelah membaca tanda-tanda wanita akhir zaman, aurat adalah perhiasan bagi setiap wanita. Islam mengajarkan wanita untuk menutup aurat kepada orang bukan mahramnya.

(nwy/nwy)