Jelang Lebaran, Polresta Mataram Gelar Patroli di Tempat Keramaian

Inkana Putri - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 17:30 WIB
Polda NTB
Foto: dok. Polresta Mataram
Jakarta -

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Personil Satuan Binmas Polresta Mataram melaksanakan patroli di lokasi yang berpotensi menimbulkan keramaian. Dalam patrolinya, para personil juga memberikan imbauan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat melalui pengeras suara.

Wakasat Binmas Polresta Mataram Iptu, Hayat Purwono menyampaikan, kegiatan ini bertujuan agar masyarakat paham dan tidak melanggar protokol kesehatan. Pasalnya menjelang Lebaran, mulai terjadi peningkatan mobilitas masyarakat di beberapa titik, seperti di pusat perbelanjaan (mall) dan toko pakaian.

"Imbauan kami sampaikan di tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (10/5/2021).

Polda NTBPolda NTB Foto: dok. Polresta Mataram

"Dari hasil pantauan, kami lihat tempat-tempat keramaian banyak masyarakat yang datang dari luar Kota Mataram berbondong-bondong mendatangi pusat perbelanjaan maupun toko-toko baju untuk sekedar beli baju Lebaran," imbuhnya.

Dalam patroli tersebut, Hayat juga berinisiatif menerjemahkan imbauan protokol kesehatan ke dalam bahasa Sasak sehingga masyarakat lebih mudah mengerti dan paham.

Personil Sat Binmas Polresta Mataram juga menghadirkan mobil sentra Kamtibmas Mobile di sepanjang jalan, yang memutar pesan Kamtibmas terkait penerapan protokol kesehatan. Personil juga memberikan pembinaan dan membagikan masker kepada masyarakat yang terlihat tidak membawa masker.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB

Di sisi lain, Kasat Binmas Polresta Mataram Kompol Dahlan, secara terpisah menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mengawasi mobilisasi masyarakat agar disiplin protokol kesehatan. Ia menyebut ramainya aktivitas masyarakat jelang Lebaran berpotensi menimbulkan klaster baru penyebaran COVID-19.

"Sasaran awal kami jelas untuk menggalakkan kembali tentang kewajiban protokol kesehatan, apalagi jelang Lebaran seperti ini sangat ramai aktivitas masyarakat di pusat pertokoan seperti mall dan toko pakaian yang tentunya berpotensi menimbulkan kerumunan dan klaster baru penyebaran COVID-19," pungkasnya.

Tonton juga Video: Suasana Blok M yang Ramai Pengunjung Jelang Lebaran

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)