Polda NTB Perketat Keluar-Masuk Penumpang Bandara Lombok

Nurcholis Maarif - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 17:51 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Petugas Kepolisian Resor Lombok Tengah, Polda Nusa Tenggara Barat yang bertugas di Pos Bandara International Zainudin Abdul Madjid (BIZAM) memperketat calon penumpang yang akan berangkat maupun penumpang yang akan tiba. Salah satunya dengan skrining pemeriksaan dokumen surat jalan.

Kepala Pos Polisi Bandara BIZAM IPTU Sulyadi Muchdib mengatakan pihaknya bersama petugas gabungan dari dinas terkait melakukan pemeriksaan secara ketat terhadap para calon penumpang yang akan berangkat maupun penumpang yang tiba. Ini untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran.

"Jadi sebelum calon penumpang memasuki lobby terminal Bandara, terlebih dahulu kita lakukan verifikasi dan validasi kelengkapan dokumen atau surat perjalanan secara ketat," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (9/5/2021).

Polda NTBFoto: Polda NTB

Ia juga menjelaskan untuk penumpang yang baru tiba di bandara dilakukan skrining terlebih dahulu oleh petugas serta pemeriksaan dokumen surat jalan.

"Pokoknya, kalau ada yang kedapatan mudik, mereka harus dikarantina 5x24 jam yang akan ditampung oleh pemerintah daerah setempat sesuai aturan Mendagri," ujar Sulyadi.

Polda NTBFoto: Polda NTB

Diungkapkannya, pos terpadu ini selain berfungsi untuk melakukan pengamanan dan pelayan, juga sebagai pos penyekatan arus mudik Lebaran sesuai dengan SE Kasatgas COVID-19 nomor 13 tahun 2021 tentang peniadaan atau larangan mudik.

"Ini semua merupakan implementasi dari pelaksanaan Operasi Ketupat Rinjani tahun 2021 yang serentak dilaksanakan dari 6-17 Mei 2021," pungkasnya.

Polda NTBFoto: Polda NTB
(fhs/ega)