Ini Tampang 11 Debt Collector Tersangka Pengepungan Serda Nurhadi

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 12:11 WIB
Jakarta -

Polisi telah menetapkan sebelas orang debt collector sebagai tersangka terkait penarikan kendaraan yang berujung pengepungan anggota TNI AD Serda Nurhadi. Sebelas debt collector tersebut kini ditahan polisi.

"Sudah tersangka dan sudah ditahan," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan saat dihubungi detikcom, Senin (10/5/2021).

Sebelas tersangka itu dikoordinatori oleh tersangka Hendrik Leatomu alias HEL. Guruh mengatakan HEL mendapat kuasa dari PT AC untuk melakukan penarikan kendaraan.

"HEL memberi tahu rekan-rekannya untuk membantu proses penarikan kendaraan, di mana diketahui pemimpin dalam kelompok debt collector ini adalah tersangka HEL," ujar Guruh.

Polisi menetapkan 11 tersangka terkait pengepungan Serda Nurhadi oleh debt collectorPolisi menetapkan 11 tersangka terkait pengepungan Serda Nurhadi oleh debt collector. (dok. Polres Jakut)

Polisi menetapkan 11 tersangka terkait pengepungan Serda Nurhadi oleh debt collectorMereka ditangkap terkait pengepungan Serda Nurhadi di Jakarta Utara. (dok.Polres Jakut)

Selain Hendrik Leatomu, sepuluh tersangka lainnya adalah YAKM, JAD, HHL, PA, GL, GYT, JT, AM, DS, dan HRL. Mereka ditangkap polisi pada Minggu (9/5) sore.

"Kita kenakan Pasal 335 KUHP ayat 1, itu perbuatan tidak menyenangkan dengan cara kekerasan atau Pasal 365 tentang pencurian dengan kekerasan juncto Pasal 53,"' sebut Guruh.

Dalam kesempatan jumpa pers di Makodam Jaya, Jakarta, pagi tadi, Hendrik Leatomu menyampaikan permintaan maaf soal kejadian itu. Hendrik mengaku telah menyalahi aturan dalam proses penarikan kendaraan tersebut.

"Kalau secara aturan saya paham cuma mungkin karena kelalaian kita sendiri. Saya mengakui bahwa tindakan saya keluar dari jalur," kata Hendrik.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2