Diblokade-Diterobos Pemudik Semalam, Penyekatan Karawang-Bekasi Normal Lagi

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 11:35 WIB
Penyekatan di Perbatasan Karawang-Bekasi normal kembali usai sempat diterobos dan diblokade pemudik
Penyekatan di Perbatasan Karawang-Bekasi normal kembali usai sempat diterobos dan diblokade pemudik. (Wilda Nufus/detikcom)
Bekasi -

Polisi akhirnya memutuskan meloloskan ratusan pemudik tanpa pengecekan di penyekatan Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat, tadi malam. Namun pada siang hari ini, kondisi penyekatan dan pengecekan di Kedungwaringin sudah normal kembali.

Pantauan detikcom di Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021) pukul 10.45 WIB, aparat gabungan Polri, TNI, Dishub, dan Satpol PP sudah bersiaga di titik penyekatan. Di lokasi juga sudah terpasang barier plastik oranye sebagai penanda penyekatan.

Aparat gabungan mengecek seluruh pengemudi, baik roda dua maupun roda empat, yang ingin melintas ke arah Karawang. Aparat meminta mereka berhenti sejenak untuk mengeluarkan syarat-syarat perjalanan jika ingin melakukan mudik dengan kebutuhan mendesak.

Lalu lintas di lokasi penyekatan sedikit terhambat karena adanya pemeriksaan manual itu. Bahu jalan dibagi dua bagian untuk pemotor dan mobil.

Diketahui, ratusan pemudik yang didominasi kendaraan roda dua sempat melakukan aksi blokade hingga lawan arah di wilayah perbatasan Karawang dan Bekasi tersebut. Peristiwa ini berujung pada akhirnya para pemudik diperbolehkan melintas ke arah Karawang dari arah Bekasi.

Pantauan detikcom, Minggu (9/5) pukul 22.47 WIB, pemotor diperbolehkan melintas ke arah Karawang. Polisi yang semula menyekat dengan barier plastik oranye akhirnya membuka.

Para pemudik sorak-sorai menyambutnya. Mereka bahkan mengucapkan terima kasih.

"Terima kasih Pak Kapolres," kata pemotor kepada Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan yang berada di lokasi.

Mereka pun jalan sembari berteriak dan bersahut-sahutan klakson. Bahkan, ada pula dari mereka yang bertepuk tangan.

Sebelumnya memang lalu lintas di perbatasan Bekasi-Karawang, tepatnya di Kedungwaringin, macet total. Hal itu diakibatkan pemudik yang hendak ke Karawang tak terima dihalau petugas dan memblokade jalan arah Bekasi sebagai bentuk perlawanan.

Jalan arteri ini pun sempat penuh oleh para pemotor. Mereka yang tidak memiliki KTP Karawang terpaksa diputar balik oleh petugas.

"Silakan tunjukkan KTP Karawang, yang tidak akan kami putar balik," ucap petugas di lapangan.

Para pemotor yang tidak terima diputar balik ternyata mencoba membentuk barisan. Mereka sempat memblokade jalan yang seharusnya menuju arah Bekasi sebelum akhirnya diperbolehkan polisi melintas ke Karawang.

Simak Video: Penjelasan Polisi soal Loloskan Pemudik di Penyekatan Bekasi-Karawang

[Gambas:Video 20detik]



(whn/maa)