Diaz Hendropriyono: PKPI Perlu Penyegaran

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 03:17 WIB
diaz hendropriyono
Diaz Hendropriyono (Foto: instagram @diaz.hendropriyono)
Jakarta -

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) resmi menunjuk Sunan Kalijaga menjadi Plt Ketua Umum. Diaz Hendropriyono menyebut PKPI butuh penyegaran.

"Perlu penyegaran dan pandangan lain," ujar Diaz saat dihubungi, Minggu (9/5/2021).

Diaz sendiri diketahui sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum PKPI. Namun, Diaz enggan menjelaskan dirinya akan menjabat sebagai apa usai posisinya digantikan.

"Saya belum kemana-mana," kata Diaz.

Diaz sendiri membenarkan adanya beberapa kader PKPI yang mengundurkan diri. Namun, dia mengaku tak mengetahui alasan pengunduran diri tersebut.

"Ada beberapa juga. Saya kurang tahu (alasannya)," tutur Diaz.

Diketahui, Sunan Kalijaga ditunjuk sebagai Plt Ketua Umum PKPI. Sebagai Plt Ketum, Sunan memastikan PKPI segera menggelar musyawarah nasional luar biasa (munaslub) untuk menentukan ketum definitif.

"Dalam bulan ini juga. Kita ingin segera (munaslub) karena mulai Senin saya menjabat ketua umum Plt-nya kan saya baru bekerja mulai Senin besok," kata Sunan Kalijaga saat dihubungi, Minggu (9/5/2021).

Apabila dimungkinkan, PKPI berencana menggelar munaslub secara offline atau tatap muka dengan protokol Kesehatan (prokes) COVID-19 ketat. Namun, sebagai partai pendukung Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019, pihaknya akan menyelenggarakan munaslub sesuai ketentuan berlaku.

Sunan mengakui dirinya juga mencalonkan diri sebagai ketua umum (caketum) pada munaslub mendatang. Pencalonan ini, sebutnya, didasari arahan dari sesepuh PKPI, AM Hendropriyono.

"Alhamdulillah dari dewan penasihat dari Bapak AM Hendropriyono mengamanahkan kepada saya tidak hanya sebagai Plt, tapi juga siap menjadi ketum definitif," ujarnya.

(dwia/imk)