Sunan Kalijaga Jadi Plt Ketum, PKPI Segera Gelar Munaslub

Tiara Aliya - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 17:06 WIB
Sunan Kalijaga
Sunan Kalijaga (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta -

Sunan Kalijaga resmi ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Sebagai Plt Ketum, Sunan memastikan PKPI segera menggelar musyawarah nasional luar biasa (munaslub) untuk menentukan ketum definitif.

"Dalam bulan ini juga. Kita ingin segera (munaslub) karena mulai Senin saya menjabat ketua umum Plt-nya kan saya baru bekerja mulai Senin besok," kata Sunan Kalijaga saat dihubungi, Minggu (9/5/2021).

Apabila dimungkinkan, PKPI berencana menggelar munaslub secara offline atau tatap muka dengan protokol Kesehatan (prokes) COVID-19 ketat. Namun, sebagai partai pendukung Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019, pihaknya akan menyelenggarakan munaslub sesuai ketentuan berlaku.

"Itulah tugas saya, makanya saya dari tadi pagi sampai siang ini berkoordinasi dengan pemimpin daerah, ketua-ketua DPP daerah untuk segera kita menggelar munaslub yang kita harapkan offline atau bisa berkumpul tatap muka tentunya kita sebagai partai pendukung pemerintah juga harus mengikuti aturan pemerintah dalam hal ini protokol kesehatannya, kan begitu. Kalau memang dimungkinkan secara offline tatap muka tapi kalau tidak dimungkinkan ya terpaksa harus melakukan via Zoom. Tapi dalam waktu dekat," jelasnya.

Sunan mengakui dirinya juga mencalonkan diri sebagai ketua umum (caketum) pada munaslub mendatang. Pencalonan ini, sebutnya, didasari arahan dari sesepuh PKPI, AM Hendropriyono.

"Alhamdulillah dari dewan penasihat dari Bapak AM Hendropriyono mengamanahkan kepada saya tidak hanya sebagai Plt, tapi juga siap menjadi ketum definitif," ujarnya.

Di sisi lain, Sunan enggan berkomentar lebih lanjut mengenai penunjukannya menjadi Plt Ketum PKPI. Yang jelas, penunjukannya sebagai Plt yang sebelumnya menjabat wakil ketua umum didasari rapat pleno pengurus PKPI per 8 Mei lalu.

"Kalau untuk alasan Mas Diaz Hendropriyono sendiri mengundurkan diri tentunya nanti akan ada rilisnya. Tapi kalau ditanya kok saya bisa jadi Plt, saya ditunjuk melalui rapat harian dan dinaikkan ke rapat pleno sehingga ditetapkan menjadi Plt ketua umum, wakil ketum ditunjuk jadi Plt ketum," ucapnya.

Sebelumnya, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) resmi menunjuk Sunan Kalijaga menjadi Plt Ketua Umum. Penunjukan itu dilakukan kemarin.

"Ya benar (Sunan Kalijaga Plt PKPI), hari ini baru diberikan mandat melalui mekanisme AD/ART partai," kata Diaz Hendropriyono, yang sebelumnya menjabat Ketum PKPI, saat dihubungi, Sabtu (8/5/2021).

Sunan Kalijaga sebelumnya menjabat Waketum PKPI. Pengacara kondang itu menerima penyerahan surat keputusan (SK) di kediaman Ketua Umum PKPI, Diaz Faisal Malik Hendropriyono, di Jakarta, Senin (8/3) lalu.

Tonton juga Video: Sunan Kalijaga Resmi Emban Tugas Sebagai Waketum PKPI

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)