Round-Up

Kritikan dari Mana-mana tapi Tak Jelas Siapa Pembuat Soal Tes KPK

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 21:37 WIB
Gedung baru KPK
Gedung merah putik KPK (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta -

Makin panjang kontroversi tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai salah satu cara untuk alih status pegawai KPK menjadi ASN. Beragam pertanyaan janggal dalam tes itu menuai kritikan.

Ada pegawai KPK yang mengaku ditanya soal doa qunut yang biasanya dibaca sebagian umat Muslim saat saat salat subuh. Selain itu pegawai perempuan KPK ditanya pula tentang persoalan pribadi.

"Ya ditanya subuhnya pakai qunut apa nggak? Ditanya Islam-nya Islam apa? Ada yang ditanya kenapa belum nikah, masih ada hasrat apa nggak?" ujar salah satu pegawai KPK, Rabu (5/5/2021).

"Ada yang ditanya kenapa belum nikah. Masih ada hasrat apa nggak. Ditanya mau jadi istri kedua saya nggak," ucap pegawai KPK itu kepada detikcom, Jumat (7/5).

"Nggak tahu maksudnya hasrat apa," imbuhnya.

Selain itu, ada pula pertanyaan soal bersedia atau tidak melepas jilbab yang ditanyakan kepada pegawai KPK. Pertanyaan-pertanyaan nyeleneh itu kemudian memicu polemik dan kritik kepada KPK hingga penyelenggara tes.

"Aku ditanya bersedia nggak lepas jilbab. Pas jawab nggak bersedia, dibilang berarti lebih mementingkan pribadi daripada bangsa negara," ucap pegawai KPK itu, Jumat (7/5).

Pegawai perempuan KPK lainnya mengaku ditanya urusan pribadi. Dia pun heran dengan ragam pertanyaan itu.

"Ditanya kenapa belum punya anak," ucap pegawai KPK perempuan itu.

"Ditanya kenapa cerai," imbuh pegawai lainnya.

Lantas siapa yang bertanggung jawab atas ragam pertanyaan ini? simak di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3