Tak Terima Dihalau Saat ke Karawang, Pemudik Blokade Jalan Arah Bekasi

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 21:23 WIB
Pemudik blokade jalan arah Bekasi (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Foto: Pemudik blokade jalan arah Bekasi (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Bekasi -

Perbatasan Bekasi-Karawang, tepatnya di Kedungwaringin, macet total. Hal itu diakibatkan pemudik yang hendak ke Karawang tak terima dihalau petugas dan memblokade jalan arah Bekasi sebagai bentuk perlawanan.

Pantauan detikcom, di Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021) pukul 20.41 WIB, pemeriksaan mulai dilakukan oleh para petugas. Akibatnya, lalu lintas dari arah Bekasi menuju Karawang tersendat.

Aparat gabungan yang terdiri dari polri, TNI, dishub dan satpol PP turut bersiaga. Mereka berdiri diantara barrrier oranye untuk memberi sekat dan memeriksa masyarakat yang menuju ke Karawang.

Jalan arteri ini penuh dengan para pemotor. Mereka yang tidak memiliki KTP Karawang terpaksa harus diputar balikoleh petugas.

"Silakan tunjukkan KTP Karawang, yang tidak akan kami putar balik," ucap petugas di lapangan.

Para pemotor yang tidak terima diputar balik ternyata mencoba membentuk barisan. Mereka memblokade jalan yang seharusnya menuju arah Bekasi.

Aparat gabungan menertibkan para pemotor itu. Para pemotor sempat menantang polisi dan bersikeras ingin melanjutkan perjalanannya ke arah Karawang.

"Tidak ada yang melawan arus, tidak ada yang melawan arus," kata polisi di lapangan.

Para pemotor kembali sahut-sahutan. Mereka membunyikan klakson secara bersamaan sebagian bentuk perlawanan.

Diketahui, larangan mudik Lebaran 2021 mulai berlaku 6 hingga 17 Mei mendatang. Larangan mudik sudah diatur melalui adendum Surat Edaran Satgas COVID-19 2021 SE 13/2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Lihat Video: Kapolri Wanti-wanti Pergerakan Pemudik di Malam Hari

[Gambas:Video 20detik]



(whn/isa)