Ketika Gus Miftah Mengenang Sosok Hercules dan Gun Jack

Sudrajat - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 19:37 WIB
Gus Miftah dan Hercules
Gus Miftah dan Hercules Rosario Marshal (Dok. Gus Miftah via Instagram)
Jakarta -

Tak cuma akrab dengan kaum perempuan penjaja cinta di pinggiran rel kereta Kota Yogyakarta. Miftah Maulana Habiburrahman juga dekat dengan sejumlah penguasa dunia kekerasan. Salah satunya adalah Hercules Rosario Marshal.

"Persahabatan tak terjalin dengan orang yg istimewa. Kita jadi istimewa karena bersahabat. Sahabatlah yang mengistimewakan kita," tulis ustaz yang popular disapa Gus Miftah itu di akun instagramnya, Minggu (9/5/2021).

Dia menyapa Hercules yang diklaimnya sebagai sahabat lama, "Maung". Gus Miftah tak menjawab saat ditanya sejak kapan dia mengenal dan bersahabat dengan salah satu tokoh preman Jakarta itu. Hanya saja, kata dia, banyak keteladanan yang dapat dipetik dari si Maung. Hercules disebutnya tetap memilih bergabung dan berjuang untuk NKRI meski banyak warga Timor Timur yang bergabung dengan Timor Leste.

Sejak beberapa tahun lalu Hercules bermukim di kawasan Indramayu, Jawa Barat. "Dia sudah memeluk Islam. Insya Allah Senin besok akan memberikan santunan rutin bagi 1000 anak yatim," kata Gus Miftah kepada detikcom.

Menurut pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta itu Hercules merupakan sahabat dari almarhum Gun Jack. "Dia seorang preman terbesar di Yogya yang pernah mengancam saya saat pertama kali menggelar pengajian di lokalisasi Sarkem," ujarnya.

Namun akhirnya Gun Jack menjadi orang yang sangat membela perjuangan Gus Miftah. Sebelum meninggal dunia beberapa waktu lalu di telah membangun tiga buah masjid. Saat ini pengajian di sarkem dikawal oleh anak buah almarhum, @indra_mehong uang merupakan komandan laskar Yogya.

"Tidaklah perlu mencela para pendosa, arena mencela tidak memperbaiki apapun, bahkan sebaliknya," ujar Gus Miftah.

Untuk si Maung, Hercules, dan @indra_mehong, "Tetap semangat dan optimis karena masa depan milik mereka yang memiliki optimisme. Untuk saudaraku almarhum Gun Jack, Alfatehah..."

Lihat juga Video: Orasi Jadi Kontroversi, Gus Miftah Jawab Alasan Hadir di Gereja

[Gambas:Video 20detik]



(jat/jat)