Eks Ketua KONI Bengkulu Mufran Imron Ditangkap di Jakarta!

Hery Supandi - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 17:03 WIB
Eks Ketua KONI Bengkulu Mufran Imron Ditangkap di Jakarta! (Foto: dok Polda Bengkulu)
Eks Ketua KONI Bengkulu Mufran Imron Ditangkap di Jakarta! (Foto: dok Polda Bengkulu)
Bengkulu -

Tersangka kasus korupsi dana hibah KONI Bengkulu sebesar Rp 11 miliar, Mufran Imron, ditangkap. Mantan Ketua KONI Bengkulu itu ditangkap di Jakarta.

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Teguh Sarwono, melalui Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno, mengatakan Mufran harus dijemput paksa lantaran telah 2 kali mangkir dari pemanggilan.

"Setelah dari penyelidikan yang kami lakukan diketahui bahwa terdapat kerugian dana hibah KONI Provinsi sebesar Rp 11 miliar, dan setelah proses penyidikan yang telah diketahui bahwa tersangka paling bertanggung jawab atas kerugian tersebut," kata Sudarno kepada wartawan, Minggu (9/5/2021).

"Tersangka kami tangkap di Hotel dan Apartemen Aston Titanium Square Pasar Rebo Jakarta Timur pada hari Jumat tanggal 5 Mei 2021 sekira pukul 01.15 WIB," lanjutnya.

Sudarno mengungkapkan penangkapan ini dilakukan dengan dibantu Polda Metro Jaya. Dia mengatakan, sebelum dibawa ke Bengkulu, Mufran akan dibawa ke Polda Metro Jaya terlebih dahulu.

"Setelah dijemput di tempat persembunyiannya, tersangka di bawa ke Polda Metro Jaya dan kemudian dibawa ke Bengkulu, sedangkan untuk mencegah penularan COVID-19 yang saat ini masih jadi pandemi, mengingat tersangka bersembunyi di Jakarta, begitu sampai ke Bengkulu kami lakukan rapid swab antigen," ungkap Sudarno.

Lebih lanjut, Sudarno mengungkapkan penahanan terhadap Mufran dilakukan guna mempermudah proses penyidikan dan mencegah tersangka melarikan diri serta menghilangkan barang bukti, mengingat tersangka selama ini tidak kooperatif.

Sebelumnya, Polda Bengkulu juga sudah melakukan penggeledahan di sejumlah lokasi terkait kasus korupsi ini. Penggeledahan dilakukan pada 8 Maret 2021.

(mae/dhn)