Mimpi Kakek Zainuddin Ubah Nasib Orang Sekampung Lewat Rumah Bawah Tanah

Zulkipli Natsir - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 15:44 WIB
Kakek di Sulawesi Selatan membangun rumah bawah tanah menggunakan cangkul selama 2 tahun
Rumah bawah tanah yang dibangun Zainuddin (Zulkipli Natsir/detikcom)
Bone -

Kakek Zainuddin (53) membuat rumah bawah tanah di lahan miliknya di Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ada mimpi tinggi Zainuddin di balik kerja kerasnya membuat rumah bawah tanah itu.

Tetangga Zainuddin, Siti, mengatakan rumah bawah tanah itu dibangun sejak 2 tahun lalu. Zainuddin disebut kerap bercerita ke tetangganya kalau rumah bawah tanah itu akan jadi objek wisata yang bisa menyejahterakan dirinya dan orang-orang di sekitar rumahnya.

"Dia pernah cerita mau bikin tempat wisata. Katanya nanti kehidupannya akan berubah dan sejahtera kalau pekerjaannya ini jadi dan menghasilkan. Dia pun janji akan bantu saya dan orang-orang di sini," kata Siti saat ditemui detikcom.

Siti mengatakan Zainuddin merupakan orang yang baik dan pekerja keras. Meski hidup sendirian, Zainuddin disebut tak pernah mau membuat susah keluarga dan tetangganya.

"Kasihan ini bapak. Dia keras sekali bekerja. Sudah 2 tahun saya perhatikan menggali. Dia hidup seperti sebatang kara, padahal keluarganya ada, tapi dia tidak mau susahkan. Saya sudah kenal bapak ini sekitar 10 tahun," ucap Siti.

Siti juga menyebut dirinya dan tetangga lainnya pernah menemukan kakek Zainuddin dalam kondisi sakit di dalam rumah. Dia mengatakan kadang Zainuddin tidak makan karena tak punya uang, namun enggan bercerita ke tetangga.

Kakek di Sulawesi Selatan membangun rumah bawah tanah menggunakan cangkul selama 2 tahunKakek di Sulawesi Selatan membangun rumah bawah tanah menggunakan cangkul selama 2 tahun Foto: Zulkipli Natsir/detikcom

"Tidak suka keluar-keluar, di rumahnya saja terus bekerja. Bahkan dia kerja kadang sampai larut malam. Pernah kita dapati dia sakit dan ternyata belum makan karena persediaan makanannya sudah habis. Jadi saya juga sering bantu dengan membawakan dia beras walau setengah liter," ucap Siti.

"Kalau istrinya sudah cerai. Ada anaknya 1 orang, tapi tinggalnya di Kota Bone. Katanya, dia mau sekali anaknya kembali dan tinggal bersamanya," sambungnya.

Kisah Kakek Zainuddin membuat rumah bawah tanah bermodal cangkul ini viral. Dia mengaku memulai pekerjaan itu pada September 2019. Pengalaman menjadi buruh dan penjaga taman di Malaysia disebutnya menjadi modal membangun ruang bawah tanah.

"Hati dan pikiran saya juga merasa tenang ketika mengerjakan ini, karena saya juga sudah tidak punya pekerjaan lain setelah kebun saya jual. Saya hanya punya 3 ekor sapi yang saya rawat dan setelah saya kasih makan sapi, saya lanjut kerja di sini lagi," ujarnya.

Simak video 'Cerita Kakek Bangun Rumah Bawah Tanah Modal Bercangkul 2 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2