Mengenal Bipang Ambawang yang Dipromosikan Jokowi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 14:14 WIB
Babi Panggang hingga Bakmi Bisa Dinikmati di 5 Tempat Ini
Foto: Ilustrasi menu olahan babi (Instagram)
Jakarta -

Bipang Ambawang, Kalimantan Barat mendadak viral usai dipromosikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sebuah video. Bipang Ambawang diketahui merupakan merek usaha kuliner olahan babi khas Kalbar.

Bipang bukan hanya babi panggang saja, namun ada juga kue bipang yang terbuat dari beras. Kendati demikian, bipang yang dipromosikan Jokowi dalam video tersebut dinarasikan bipang Ambawang yang merujuk kepada babi panggang.

Bipang Ambawang sendiri tercatat sebagai merek dagang dari usaha kuliner olahan babi. Dikutip dari dokumen berita resmi merek Seri-A 01 September 2020, merek Bipang Ambawang pertama kali didaftarkan sebagai merek pada 26 Agustus 2020.

Merek ini didaftarkan atas nama pemohon Juniarto. Bipang Ambawang sendiri menjual berbagai makanan berbahan dasar babi, dari mulai babi putar, daging babi asap, irisan daging babi, lemak babi hingga makanan ringan daging babi.

Namun Bipang Ambawang juga menjual makanan olahan lain seperti keripik kentang garing, keripik sayuran, makanan ringan daging sapi hingga makanan ringan berbasis kacang-kacangan.

Sementara itu, Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman mengunggah foto Bipang kue beras lewat akun Instagramnya. Dia menulis bipang adalah kue beras kesukaannya.

"Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras ini hit sampai sekarang. Terimakasih ~," tulis Fadjroel.

Simak video 'Heboh! Pidato Jokowi Promosi Bipang Ambawang Khas Kalbar':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2