detikKultum Prof Nasaruddin Umar: Keajaiban Berjamaah

Kristina - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 04:04 WIB
Jakarta -

Segala sesuatu yang berat akan terasa ringan apabila dilakukan secara bersama-sama. Kebersamaan ini akan melahirkan keharmonisan dalam hidup bermasyarakat.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar mengatakan, kebersamaan akan membuat segala hal menjadi efektif dan terasa ringan.

"Berat sama dipikul ringan sama dijinjing, itulah kebersamaan. Jadi, kalau kita masing-masing ngangkat itu nggak efektif, tapi kalau kita berjamaah menggotong itu lebih efektif," kata Prof Nasaruddin dalam detikKultum detikcom, Sabtu 8 Mei 2021.

Prof Nasaruddin melanjutkan, jamaah memiliki keajaiban yang luar biasa. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa terdapat berkah di setiap keberjamaahan. Bahkan dalam ibadah, Allah SWT akan melipat gandakan pahala orang yang berjamaah.

Dalam kehidupan sosial, konsep jamaah ini akan bermanfaat untuk kebaikan bersama. Prof Nasaruddin mencontohkannya dalam menghadapi situasi pandemi saat ini. Pemimpin, pemerintah, ulama dan tokoh-tokoh agama saling bersinergi untuk bersinergi memerangi penyebaran COVID-19.

Lebih lanjut Prof Nasaruddin mengatakan, bulan suci ini menjadi momentum untuk memupuk kebersamaan. Bagaimana caranya?

Selengkapnya detikKultum bersama Prof Nasarudin Umar: Keajaiban Berjamaah tonton DI SINI.

(erd/erd)