Pertanyaan Tes ASN KPK Disorot, TNI: Tim Penyusun Soal Dipimpin BKN

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 17:06 WIB
Sejumlah aktivis dari Koalisi Masyarakat Sipil gelar aksi di Gedung KPK. Mereka kritik kebijakan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang dilakukan KPK kepada pegawai.
Demo protes tes ASN KPK (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Tes alih pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN) disorot lantaran sejumlah pertanyaan yang dianggap kurang relevan dengan pekerjaan di KPK ditanyakan kepada peserta tes. Dalam menyelenggarakan tes tersebut, KPK menggandeng Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, TNI AD, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

TNI angkat bicara soal pertanyaan-pertanyaan dalam tes ASN KPK yang disorot, TNI mengatakan pertanyaan dalam tes ASN disusun tim yang dipimpin BKN.

"Secara teknis, bahan pertanyaan yang sampaikan dalam tes ASN KPK tersebut bagian dari soal tes yang disusun oleh tim asesmen yang dipimpin oleh BKN RI, yang dipilih KPK sebagai mitra," kata Kapuspen TNI Brigjen TNI Prantara Santosa saat dihubungi detikcom, Jumat (7/5/2021).

Prantara mengatakan, sesuai dengan penjelasan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, pelaksanaan tes ASN ini sudah melalui tahap penyamaan persepi.

"Seperti yang disampaikan Wakil Ketua KPK, kepada media bahwa seluruh instansi pelaksana asesmen telah melalui proses penyamaan persepsi dengan BKN RI melalui rangkaian Rapat Internal Bersama Unit Terkait Guna Mempersiapkan Asesmen," terang Prantara.

Berkaitan dengan tes wawasan kebangsaan ini sudah disampaikan KPK dalam konferensi pers pada Rabu, 5 Mei 2021. Ketua KPK Firli Bahuri menyebut aturan tes wawasan kebangsaan itu berdasar pada Peraturan Komisi (Perkom) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengalihan Status Pegawai Menjadi ASN.

Ketua KPK Firli Bahuri mengaku tidak tahu materi pertanyaan dalam tes ASN itu. "Mohon maaf, itu bukan materi KPK, karena tadi sudah disampaikan yang menyiapkan materi siapa, penanggung jawabnya siapa, kan jelas tadi," ucap Firli.

Simak juga 'Tes Wawasan Kebangsaan KPK Dinilai untuk Mengusir Pegawai Senior':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/tor)