Jadi 'Duta Masker', Nawir Kini Bagi-bagi Masker ke Jemaah Salat Jumat

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 13:08 WIB
Nawir Remaja Masjid Bekasi Bagi-bagi Masker ke Jemaah
Nawir, remaja masjid di Bekasi (Foto: Farih/detikcom)
Bekasi -

Nawir (23), pemuda Masjid Al-Amanah, Bekasi, dinobatkan menjadi 'duta masker' usai viral aksi mencopot paksa masker jemaah. Kini Nawir membagikan masker ke jemaah yang hendak menunaikan Salat Jumat.

Pantauan detikcom, di Masjid Al Amanah, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (7/6/2021), mayoritas jemaah Salat Jumat hari ini tampak memakai masker. Jika ada jemaah yang tidak membawa, akan diberi masker oleh Nawir di pintu masuk ke dalam masjid.

Nawir Remaja Masjid Bekasi Bagi-bagi Masker ke JemaahNawir Remaja Masjid Bekasi Bagi-bagi Masker ke Jemaah Foto: Farih/detikcom

Nawir beserta remaja masjid lain di lokasi telah menyiapkan banyak masker untuk dibagikan ke para jemaah. Tak hanya masker, hand sanitizer pun disiapkan.

Meski mayoritas jemaah Salah Jumat di masjid ini telah bermasker. Namun jaga jarak antara jemaah di masjid ini masih belum terlalu diatur. Sebagian jemaah masih berdempetan.

Sebelumnya diberitakan, Roni Oktavian bertemu lagi dengan Nawir, remaja Masjid Al Amanah, Bekasi, yang viral mencopot paksa maskernya. Kini, Roni memasangkan masker ke Nawir sebagai simbol keduanya telah berdamai.

Pantauan detikcom, Roni tiba di Masjid Al Amanah, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (5/5) petang. Roni tampak bersalaman dengan sejumlah pengurus masjid, salah satunya pemuda masjid bernama Nawir.

"Kita sebagai umat marilah berlapang dada, seperti halnya memang kita mengikuti hadis atau apa sifat nabi kita Muhammad SAW. Marilah kita berlapang dada, saling memaafkan, dan Mas Nawir juga dan beserta pengurus masjid ini sudah mengakui, akan kesalahannya," kata Roni kepada wartawan.

Roni mengatakan penerapan protokol kesehatan di Masjid Al Amanah jauh dari ketentuan pemerintah. Meski begitu, Roni sudah memaafkan perlakuan kasar Nawir.

"Saya minta sahabat kami, netizen, untuk menerima kembali sahabat-sahabat kami ini, menjadi saudara kita yang kita saling cintai, Islam itu indah, tidak ada ajaran-ajaran Islam untuk saling ribut," lanjut Roni.

Roni kemudian memberikan bantuan berupa 2 dus masker. Sebagai simbol, Roni lalu memasangkan masker ke Nawir, pemuda yang beberapa waktu lalu viral mencopot paksa masker dari mulut Roni.

Roni pun memberikan pilihan kepada Nawir. "Mas, ada dua pilihan, Mas Nawir milih saya (meneruskan kasus terkait masker) secara hukum, atau Mas Nawir akan menjadi duta masker prokes yang akan jalankan, tidak hanya masjid, tapi Indonesia?" tanya Roni.

"Duta prokes, sumpah, demi Allah," jawab Nawir.

(fas/knv)