Modus Coba-coba, Ratusan Kendaraan Diputarbalikkan di Bekasi

Rahmat Fathan - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 22:21 WIB
Foto: Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Aloysius Suprijadi (Fathan/detikcom)
Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Aloysius Suprijadi (Fathan/detikcom)
Bekasi -

Sejumlah kendaraan telah diputarbalikkan saat hendak melewati daerah Kota Bekasi, Jawa Barat. Saat diputarbalikkan, para pengendara mengaku coba-coba melewati penyekatan jalur perbatasan pada waktu larangan mudik Lebaran.

"(Modusnya) mencoba saja. Karena mereka tahu ini sudah dilarang," ujar Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Aloysius Suprijadi di salah satu pos penyekatan, Gerbang Tol Bekasi Barat, Kamis (6/5/2021).

Suprijadi menyampaikan pihaknya telah melakukan penyekatan di Pintu Tol Bekasi Barat dan Pintu Tol Bekasi Timur. Selain itu, ada kendaraan yang diputarbalikkan di check poin, seperti di Sumber Arta dan Harapan Indah.

"Hari ini, dari mulai tadi pagi jam 8 itu dihitung sudah ada kita membalikkanankan para pemudik kembali ke Jakarta atau Bekasi ini sejumlah 86 kendaraan roda empat. Kemudian untuk kendaraan roda duanya itu ada 36 kendaraan," ucapnya.

Menurut Suprijadi, para pengendara sudah mengetahui adanya larangan mudik. Para pengendara itu hanya coba-coba.

"Dari para pemudik yang dibalikkanankan, ada beberapa yang ditanya oleh anggota, mereka tahu kalau dilarang, mereka mencoba saja, untung-untungan yang mudah-mudahan itu bisa lolos," kata dia.

"Tadi ada beberapa pengendara sepeda motor, 'kami untung-untungan aja, Pak, kalau bisa lolos ya lolos'," sambungnya.

Dia menyampaikan, apabila ada pengendara yang lolos, mereka akan tetap dihalau di pos-pos penyekatan lainnya. Semisal di pos-pos penyekatan yang ada di Kabupaten Bekasi dan Karawang.

"Ya kalau mereka lolos di sini mereka akan dicegat juga di pos selanjutnya di Kabupaten Bekasi, Karawang, terus akan ada pengecekan," jelasnya.

Suprijadi mengatakan sebagian besar pemudik yang diputarbalikkan itu memakai kendaraan pribadi. Dia menyebut hanya ada satu kendaraan travel gelap dengan pelat nomor berwarna kuning yang diputarbalikkan hari ini.

"Dari pengalaman rekan-rekan kita di pos yang lain, di Polres lain, Kabupaten, kemudian Ditlantas, di jalur tol itu ditemukan. Tapi untuk di Bekasi Kota sendiri itu belum ditemukan adanya pemanfaatan trek-trek logistik atau trek sayur untuk digunakan mudik Lebaran," pungkasnya.

(man/man)