Jasa Marga Jelaskan soal Penyekatan yang Hambat Pekerja di Tol Cikarang

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 14:35 WIB
Video beredar viral di Whatsapp
Viral karyawan protes turun ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Foto: dok. Screenshot Video)
Jakarta -

Sejumlah pekerja yang hendak berangkat ke pabriknya protes dan turun di ruas Tol Jakarta-Cikampek tadi pagi lantaran terhambat. PT Jasa Marga menjelaskan terhambatnya para pekerja akibat adanya penyekatan oleh pihak kepolisian.

Jasa Marga melaporkan sempat terjadi kepadatan di ruas Tol Cikampek arah Jakarta, tepatnya di lokasi penyekatan Km 31, Kamis (6/5/2021), sekitar pukul 07.00 WIB. Kepadatan berlangsung hingga pukul 08.00 WIB.

"Hal ini akibat penutupan akses Cikarang Barat (dari Cikampek menuju Jakarta) yang dilakukan atas diskresi kepolisian agar pengguna jalan dari Jakarta yang diputar balik (karena tidak membawa persyaratan) tidak terganggu dengan arus yang dari Cikampek akan keluar Cikarang Barat," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, melalui keterangan tertulis, Kamis (6/5/2021).

Pihak kepolisian mengarahkan agar seluruh kendaraan yang hendak keluar Cikarang Barat dialihkan keluar Gerbang Tol Cibitung. Namun para pekerja yang hendak keluar Cikarang Barat tidak setuju untuk dialihkan keluar Gerbang Tol Cibitung.

Karena itu, terjadilah kepadatan dan sejumlah pekerja sempat turun memenuhi ruas Tol Jakarta Cikampek. Atas alasan itulah, Dwimawan mengatakan akhirnya pihak kepolisian pada pukul 10.50 WIB membuka akses keluar Cikarang Barat dari Cikampek.

"Mempertimbangkan kondisi di lapangan, akhirnya atas diskresi kepolisian, pada pukul 10.50 akses keluar Cikarang Barat dari Cikampek kembali dibuka. Saat ini kondisi di titik tersebut menuju arah Jakarta dalam keadaan lancar," ucapnya.

Seperti diketahui, video yang menunjukkan sejumlah pekerja pabrik berkerumun di Tol Cikarang Barat beredar viral di media sosial. Aksi para pekerja pabrik itu sebagai bentuk protes.

Dalam video yang beredar tersebut, terlihat sejumlah orang berpakaian karyawan pabrik berdiri di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di dekat Gerbang Tol Cikarang Barat. Di dekat mereka, tampak deretan bus pengangkut para karyawan berhenti di dalam tol tersebut.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan menjelaskan duduk persoalan ditutupnya jalan Tol Cikampek yang menuju ke Cikarang pagi tadi. Menurutnya, keputusan itu diambil agar tidak terjadi pertemuan antara kendaraan yang bergerak dari Cikampek menuju Jakarta dengan kendaraan yang diputar balik di Cikarang Barat.

"Kita tutup karena kita kan memutarbalikkan kendaraan yang di Jakarta, kita putar balikkan di situ, agar nggak terjadi crossing," kata Rudy saat dihubungi, Kamis (6/5/2021).

Namun penutupan sementara ini ternyata membuat antrean kendaraan, khususnya bus para pekerja dari Cikampek yang hendak mengarah ke Cikarang Barat untuk bekerja. Karena itulah, para pekerja sempat turun dan memenuhi ruas tol Jakarta-Cikampek.

"Iya itu (pekerja turun ke jalan tol) tadi pagi, jadi itu karyawan yang dari Cikampek mau keluar ke Cikarang Barat karena pabriknya di Cikarang Barat, ya kan, dia mau keluar tol Cikarang Barat dari Cikampek," ucapnya.

Simak Video: Melihat Kondisi Penyekatan Mudik di Jalur Arteri Karawang

[Gambas:Video 20detik]



(maa/mei)