Round-Up

Kisah Kiriman Jenazah yang Tertukar dari Negeri Jiran

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 21:05 WIB
Ilustrasi jenazah
Ilustrasi jenazah. (Foto: Thinkstock)
Bulukumba -

Peristiwa langka ini terjadi di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sebuah makam dibongkar karena jenazah tertukar.

Kisah bermula dari pengiriman dua jenazah dari Malaysia. Dua jenazah tersebut dikirimkan ke Bulukumba dan Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Warga di Desa Mattoangin, Kecamatan Kajang, Bulukumba, mendapat kabar ada jenazah tertukar dalam proses pengiriman dari Negeri Jiran. Makam tersebut pun dibongkar pada Rabu (5/5).

Jenazah tersebut semestinya dikirimkan ke Batam, Kepri.

"Jadi kejadiannya ada mayat dikirim dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Kajang. Tapi ternyata mayatnya tertukar dengan yang di Batam, Riau," kata kepala Desa Mattoangin, Zainuddin saat dihubungi detikcom, Kamis (6/5/2021).

Zainuddin menceritakan semestinya pihak keluarga di Kajang menerima jenazah wanita. Namun pihak keluarga di Kajang tidak lagi memeriksa karena jenazah sudah dikafani dan disalati di Malaysia.

"Jadi mayat itu tiba, keluarga sudah lama menunggu, terharu kedatangan almarhumah, jadi tidak ada yang memperhatikan mayat dan label, beberapa menit kemudian langsung dikebumikan," papar Zainuddin.

Sementara di lain tempat, lanjut Zainuddin, ada pihak keluarga di Batam yang juga menerima paket kiriman jenazah pria dari Malaysia. Namun mereka kaget lantaran jenazah yang mereka terima ternyata berjenis kelamin wanita.

"Nanti setelah kita dapat kabar mayat yang diterbangkan ke Riau, dia di sana kan pihak keluarganya belum ada apa-apa, belum juga disalatkan, belum dimandi, jadi dia kan pasti buka, nanti setelah dibuka baru tahu kenapa jenazah jadi perempuan. Di situlah keluarga di sana kaget," jelas Zainuddin.

"Jadi nanti setelah yang di Riau itu menghubungi maskapai bahwa jenazahnya tertukar baru juga kita di sini dikasih tahu kalau jenazah yang sudah kita makamkan ternyata jenazah orang lain," katanya.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak juga 'Kisah Sopir Ambulans Pengangkut Jenazah Corona di India':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2