Penyekatan Kendaraan di Tol Cikarang Kembali Diberlakukan, Pemudik Dihalau

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 20:03 WIB
Jakarta -

Polisi kembali melakukan penyekatan kendaraan di Jalan Tol Cikarang. Penyekatan terkait larangan mudik mulai hari ini hingga 17 Mei 2021.

Pantauan di Km 31 Tol Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021) sekitar pukul 19.00 WIB, polisi kembali memberlakukan penyekatan kendaraan. Polisi memeriksa mobil pribadi hingga bus dari arah Jakarta menuju Cikampek.

Polisi memberhentikan setiap mobil pribadi dan memeriksa dokumen yang menjadi persyaratan perjalanan saat mudik dilarang pemerintah. Untuk kendaraan yang diduga hendak melaksanakan mudik, langsung dihalau dengan diarahkan keluar di Gerbang Tol Cikarang Barat.

Sejumlah kendaraan pribadi hingga travel pun terjaring operasi. Mereka harus memutarbalikkan kendaraan kembali ke arah Jakarta.

Adanya penyekatan di Jalan Tol Cikarang Km 31 ini membuat arus lalu lintas dari Jakarta menuju Cikampek kembali padat. Antrean kendaraan pun terlihat mengular.

Di arah sebaliknya dari Cikampek menuju Jakarta, tidak terlihat kemacetan. Kendaraan di jalur tersebut terpantau dapat berjalan dengan lancar.

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya saat ini membuka penyekatan yang ada di Tol Cikarang Utama. Pembukaan ini imbas kemacetan yang terjadi saat ini.

"Iya sementara lagi kita los, karena ekornya (macet) cukup panjang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi pukul 16.10 WIB, Kamis (6/5).

Sambodo mengatakan kemacetan saat ini mencapai 4 kilometer. Sambodo mengatakan kemacetan terjadi lantaran banyaknya kendaraan angkutan berat yang melintas di lokasi. Namun dia memastikan penyekatan akan langsung dilanjutkan kembali begitu lalu lintas sudah lancar.

(fas/idn)