Antisipasi Pekerja Tertahan, Polisi Bakal Buka Tol Cikarang Pagi dan Sore

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 16:16 WIB
Video beredar viral di Whatsapp
Viral Karyawan Protes Turun ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Dok. Screeshot Video)
Jakarta -

Sejumlah pekerja sempat melakukan protes dan turun ke jalan Tol Jakarta-Cikampek lantaran tertahan ketika hendak berangkat ke pabriknya tadi pagi. Pihak kepolisian memastikan tidak akan lagi menutup akses para pekerja yang hendak bekerja.

"Pagi sore akan kita buka, jadi pada saat karyawan akan berangkat kita akan buka, terus pulangnya juga dibuka, nggak ada masalah," kata Kasat PJR Polda Metro Jaya Kompol Akmal saat dihubungi, Kamis (6/5/2021).

Akmal mengatakan pembukaan akses akan dilakukan setiap hari pukul 06.00-07.00 WIB, sedangkan sore harinya akan dibuka pukul 17.00-18.00 WIB. Dia memastikan pegawai yang bekerja tidak akan tertahan lagi.

"Pada saat mereka datang, dan pada saat mereka pulang. Kita buka saat karyawan mau lewat, jam 6 pagi sampai 7, karena itu jalur lewat karyawan. Jam 5-6 sore pulangnya," ucapnya.

Akmal menyebut sebetulnya keputusan menutup pagi itu lantaran menghindari adanya bentrokan kendaraan yang diputar balik ke Jakarta dengan kendaraan yang mengarah dari Cikampek ke Jakarta. Namun dia menyebut pihaknya sudah mempersiapkan cara untuk tetap membuka akses ketika pekerja hendak lewat.

"Itu yang kita hindari, akan kita tutup yang dari Cikampek. Kita atur sedemikian rupa, supaya nggak bentrok pada saat bus karyawan lewat," ujarnya.

Akmal menyebut setiap hari juga akan ada personel kepolisian yang akan berjaga di Tol Cikarang tepatnya Km 31. Ada 150-200 personel yang akan berjaga.

"Banyak, setiap hari 150 orang, sama personel lain mungkin 200 orang per hari dari Sabhara, Brimob," ungkapnya.

Seperti diketahui, video yang menunjukkan sejumlah pekerja pabrik berkerumun di Tol Cikarang Barat beredar viral di media sosial. Aksi para pekerja pabrik itu sebagai bentuk protes.

Dalam video yang beredar tersebut, terlihat sejumlah orang berpakaian karyawan pabrik berdiri di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di dekat Gerbang Tol Cikarang Barat. Di dekat mereka, tampak deretan bus pengangkut para karyawan berhenti di dalam tol tersebut.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan menjelaskan duduk persoalan ditutupnya jalan Tol Cikampek yang menuju Cikarang pagi tadi. Menurutnya, keputusan itu diambil agar tidak terjadi pertemuan antara kendaraan yang bergerak dari Cikampek menuju Jakarta dengan kendaraan yang diputar balik di Cikarang Barat.

"Kita tutup karena kita kan memutar balikan kendaraan yang di Jakarta, kita putar balikkan di situ, agar nggak terjadi crossing," kata Rudy saat dihubungi, Kamis (6/5/2021).

Namun penutupan sementara ini ternyata membuat antrean kendaraan, khususnya bus para pekerja dari Cikampek yang hendak mengarah ke Cikarang Barat untuk bekerja. Karena itulah, para pekerja sempat turun dan memenuhi ruas tol Jakarta-Cikampek.

"Iya itu (pekerja turun ke jalan tol) tadi pagi, jadi itu karyawan yang dari Cikampek mau keluar ke Cikarang Barat karena pabriknya di Cikarang Barat, ya kan, dia mau keluar tol Cikarang Barat dari Cikampek," ucapnya.

Lihat Video: Beredar di Medsos, Pekerja Kena Imbas Penyekatan Larangan Mudik

[Gambas:Video 20detik]

(maa/fjp)