BRI Ramadan Update

Ramadhan Tinggal Berapa Hari Lagi? Ini Keutamaannya di 10 Hari Terakhir!

Novia Aisyah - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 13:43 WIB
Muslim Friday mass prayer in Turkey
Foto: Getty Images/iStockphoto/mustafagull
Jakarta -

Ramadhan menjadi bulan yang istimewa. Satu-satunya bulan yang disebutkan secara jelas dalam Al-Qur'an yaitu dalam surat Al-Baqarah ayat 185.

Allah SWT berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur."

Dalam buku "Qilamul Lail dan Ramadhan" oleh Isnan Ansory, Lc, MA, Rasululah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah SWT telah memfardhukan puasa Ramadhan atas kalian, dan mensunnahkan qiyam-nya. Maka siapapun yang berpuasa dan berqiyam pada bulan Ramadhan atas dasar iman dan mengharap ganjaran dari Allah, dosa-dosa akan terampuni hingga ia seperti seorang anak yang baru dilahirkan oleh ibunya." (HR. Nasa'i).

Ramadhan 2021 hanya tersisa hitungan hari. Perkiraan awal hari raya Idul Fitri menurut kalender 2021 jatuh pada tanggal 13 Mei 2021.

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan awal bulan Syawal 1442 Hijriah pada Selasa (11/05/2021). Di 10 hari terakhir sebaiknya melaksanakan beberapa amalan penting untuk meraih malam Lailatul Qadar atau malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Diantara amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Ramadhan adalah ihya' al-lail bil 'ibadah atau menghidupkan malam-malamnya dengan ibadah. Bahkan amalan secara khusus dianjurkan pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Dalam buku yang sama, Ihya' al lail secara bahasa bermakna menghidupkan (ihya') malam (al-lail). Maksudnya adalah menghidupkan malam dengan beragam ibadah. Tidak hanya terbatas pada ibadah sholat saja. Tetapi juga seperti membaca al-Qur'an, dzikir, belajar ilmu, shadaqah dan lain-lain.

"Diriwayatkan oleh Aisyah Ra, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan), melebihi kesungguhan beribada di selain (malam) tersebut." (HR. Muslim).

Ada pula Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim yang meriwayatkan dari sahabat 'Aisyah Radhiyallahu'Anha bahwasanya, dahulu Nabi SAW apabila telah masuk 10 terakhir beliau mengencangkan ikat pinggangnya, menghidupkan malam-malamnya dan membangunkan keluarganya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Waktu 10 hari terakhir ini juga biasa disebut sebagai malam Lailatul Qadar atau malam yang lebih baik dari seribu bulan. Karena itu, ibadah dalam 10 hari terakhir ini lebih banyak keutamannya dari malam-malam yang lain.

Berikut daftar keutaman 10 hari terakhir Ramadhan!

1. Melansir dari buku Mukjizat Lailatul Qadar karangan Arif M. Riswanto, disebutkan bahwa pahala yang didapatkan adalah 300.000 kali lipat dibanding malam-malam biasanya.

Perhitungannya adalah 1000 bulan dikalikan 30 hari dan dikalikan kembali 10 kebaikan.

2. Lailatul Qadar adalah momen mengingat turunnya wahyu pada Nabi Muhammad SAW.

Yang lebih spesial adalah, walaupun merupakan hari yang besar, Lailatul Qadar sengaja disembunyikan oleh Allah SWT sehingga tidak ada yang tahu kecuali Allah SWT.

3. Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat turun untuk menyebarkan berkah. Namun, berkah tersebut hanya bisa didapatkan oleh orang yang bersungguh-sungguh menghidupkan bulan Ramadhan dengan penuh muhasabah.

Perumpamaan dari Lailatul Qadar adalah, jika dulu Jibril membawa wahyu dan berhasil membuat hidup Nabi Muhammad menjadi manusia yang lebih baik, maka orang yang mendapatkan syafaat Lailatul Qadar pun demikian. Hidupnya akan senantiasa terbimbing sebagaimana yang didapatkan Nabi Muhammad SAW dulu.

Tak terasa Ramadhan tahun ini akan segera berakhir. Manfaatkan waktu di bulan puasa yang tersisa dengan sebaik-baiknya ya, detikers!

(lus/lus)