Hidayat Nur Wahid Dukung Pelestarian Budaya Betawi dan Bagikan Takjil

Abu Ubaidillah - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 12:19 WIB
Hidayat Nur Wahid
Foto: MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW) mendukung upaya pelestarian dan pengembangan seni budaya warga Betawi seperti seni pencak silat yang dikembangkan oleh Perguruan Silat Beksi Merah dan Jawara 411 yang dipimpin Guru Besar/Pendekar Bang Basir Busthomi. Menurutnya nilai dasar pencak silat Betawi terhubung dengan budaya Betawi yaitu ngaji, salat, dan silat.

Hal itu dinilai sangat relevan dengan hadirnya Bulan Ramadhan yang menginternalisasikan praktik ngaji (tadarus & tadabur Al-Qur'an), salat (berjamaah lima waktu), salat tarawih, dan qiyamullail, serta silat dalam bentuk silaturahmi dan ibadah sosial yang lain, seperti pembayaran dan pendistribusian zakat, maupun buka puasa bersama dan pembagian takjil-ifthar.

Selama Ramadhan Hidayat Nur Wahid mengaku telah mendistribusikan ribuan paket takjil, santapan Ramadhan, dan santunan untuk anak yatim, duafa, hingga pengemudi ojek online. Ia berharap kegiatan tersebut turut membantu kesulitan masyarakat akibat pandemi, meningkatkan semangat gotong royong seperti yang terkandung dalam Pancasila, dan menyukseskan program berbagi 1,9 juta takjil yang diselenggarakan DPP PKS dalam rangka milad 19 tahun PKS.

"Selama bulan Ramadhan kita sangat dianjurkan untuk peduli kepada sesama, melakukan kegiatan sosial dengan infak, sedekah, dan takjil. Bahkan PKS membuat program 1,9 juta takjil untuk warga Jakarta dan warga Indonesia dalam rangka terus konsisten menebar manfaat," ujar Hidayat dalam keterangannya, Kamis (6/5/2021).

Ia menjelaskan program Ramadhan tahun ini telah disalurkan kepada warga di seluruh kecamatan di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan dengan menggandeng jajaran struktur Dewan Pengurus Cabang dan Kader PKS se-Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Tujuannya untuk optimalisasi dan penguatan struktur partai di tingkat cabang serta ranting setelah pelantikan pengurus baru.

"Semoga semangat berbagi kader PKS melalui program Ramadhan ini bisa menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat, apalagi di tengah banyaknya warga yang terdampak status sosial ekonominya akibat pandemi COVID-19," imbuhnya.

Salah satu kader PKS Cempaka Putih, Agung Imami mengatakan pembagian paket takjil dan santapan Ramadhan di Cempaka Putih berjalan lancar. Pihaknya pun berterima kasih kepada Hidayat Nur Wahid atas program yang dijalankan.

"Alhamdulillah hari ketiga pembagian takjil on the road bantuan dari ustaz Hidayat Nur Wahid berlangsung lancar, ramai dan antusias. Semoga dicatat sebagai kebaikan, aamiin," ucapnya.

PKS Kecamatan Tanah Abang yang melaksanakan program santunan bagi anak yatim juga mengatakan kegiatan yang dijalankan DPC PKS Tanah Abang atas bantuan Hidayat Nur Wahid mengucapkan syukur. Mereka pun berharap Allah memberikan keberkahan rezeki.

Pemimpin Perguruan Silat Beksi Merah dan Jawara 411, Basir Busthomi juga mengapresiasi program, kegiatan, dan dukungan Hidayat Nur Wahid terhadap masyarakat utamanya komunitas pencak silat yang sudah lama dilakukan.

"Kami harap program-program Bang HNW berlanjut, apalagi dengan momentum Ramadhan ini, semoga nilai-nilai ngaji, salat, dan silat akan makin didalami, menghadirkan hasil positif jadi manusia-manusia taqwa yang terhormat dan berguna," pungkasnya.

(prf/ega)