Langgar Prokes, Pedagang di Tanah Abang Ditertibkan Satpol PP

Rakha Aryanto Darmawan - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 11:45 WIB
Satpol PP DKI Jakarta Tertibkan Pedagang yang Tak Patuh Prokes di Pasar Tanah Abang
Satpol PP DKI Jakarta Tertibkan Pedagang yang Tak Patuh Prokes di Pasar Tanah Abang (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Petugas Satpol PP DKI Jakarta menertibkan sejumlah pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakpus, karena tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes). Satpol PP juga juga menertibkan para pedagang yang nekat berdagang di area trotoar Jl Jati Baru.

Penertiban dilakukan, Kamis (6/5/2021) pagi, sekitar pukul 10.00 WIB. Pantauan detikcom, petugas Satpol PP mulai berkeliling dan menertibkan lapak pedagang yang dinilai menyerobot trotoar.

Tampak sejumlah pedagang yang tidak menggunakan masker. Petugas pun langsung mengingatkan para pedagang untuk segera mengenakan masker.

Tak hanya soal prokes, petugas juga menertibkan lapak-lapak yang masih nekat berjualan di atas trotoar. Beberapa barang dagangan milik pedagang tampak diangkut petugas ke mobil patroli.

Tenda-tenda kios yang masuk ke trotoar juga terpaksa dibongkar oleh petugas Satpol PP. Beberapa pedagang yang tak terima tampak kesal lapak dagangannya ditertibkan.

Satpol PP DKI Jakarta Tertibkan Pedagang yang Tak Patuh Prokes di Pasar Tanah AbangPedagang di Tanah Abang yang nekat berjualan di trotoar juga ditertibkan. (Rakha/detikcom)

Lurah Kampung Bali, Ety Kusmiati, mengungkapkan, langkah penertiban tersebut dilakukan untuk menata para pedagang di area Pasar Tanah abang. Dia mengingatkan agar para pedagang dapat tertib dan senantiasa menjaga prokes.

"Kita tidak membatasi mereka berdagang. Bukan hanya masalah perut saja tetapi masalah kesehatan adalah nomor satu. Untuk PKL kita ingatkan untuk tetap 5M karena ini masih pandemi," kata Ety kepada wartawan, Kamis (6/5/2021).

Selain itu, Ety mengungkapkan sudah memberi imbauan kepada pedagang berupa spanduk-spanduk panduan dan berkoordinasi dengan pihak RT setempat tentang prokes.

Kerumunan sebelumnya terjadi di Pasar Tanah Abang menjelang Lebaran membuat Pemprov DKI, dan TNI-Polri bertindak. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kerumunan itu tak terduga.

Membeludaknya Pasar Tanah Abang diketahui terjadi pada Sabtu (1/5) hingga Minggu (2/5) sore. Pemprov DKI menilai pengunjung yang datang ke Pasar Tanah Abang pada Sabtu kemarin jumlahnya hampir 200 persen dari kapasitas.

(maa/maa)