'Jenderal Kekaisaran Sunda' Jalani Pemeriksaan Maraton di Polda Metro

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 10:24 WIB
SIM Negara Kekaisaran Sunda Nusantara milik pengemudi Pajero.
SIM 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara' milik pengemudi Pajero. (Foto: dok. Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Polisi menilang Rusdi Karepesina (55), pengemudi Pajero Sport yang memasang pelat nomor SN-45-RSD pada kendaraannya. Rusdi Karepesina saat ini masih diperiksa di Polda Metro Jaya berkaitan pengakuan soal Kekaisaran Sunda Nusantara.

Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal mengatakan Rusdi Karepesina saat ini masih menjalani pemeriksaan maraton di Polda Metro Jaya sejak diamankan pada Rabu (5/5) kemarin.

"Kita masih lakukan pendalaman, masih diperiksa. Kalau di (pelanggaran) lalu lintas sudah selesai dengan dilakukan penindakan. Ini sekarang tinggal tindak lanjutnya," kata Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal saat dihubungi detikcom, Kamis (6/5/2021).

Akmal mengatakan, selain Rusdi, pihaknya masih memeriksa Rudi Dhanian Toro, orang yang berada dalam satu mobil dengan Rusdi saat dilakukan penilangan. Kedua orang itu diketahui sama-sama mengaku warga Kekaisaran Sunda Nusantara.

"Mereka punya sama-sama identitas nggak jelas gitu. Sekarang masih pendalaman di Reskrim," ujar Akmal.

Kedua orang tersebut kini masih digali asal-usul mengenai Kekaisaran Sunda Nusantara. Selain itu, kondisi kesehatan kejiwaan keduanya masih dalam pemeriksaan petugas.

"Itu yang masih kita dalami karena ya bisa saja itu gangguan psikis menganggap ada negara," sebut Akmal.

Untuk diketahui, polisi menilang kendaraan Rusdi di Tol Cawang hari ini. Kasat PJR Polda Metro Jaya Kompol Akmal mengatakan pihaknya memberhentikan mobil pelaku karena melihat nomor kendaraan tidak sesuai aturan yang berlaku.

"Nomor polisinya nggak sesuai aturan," kata Akmal dihubungi detikcom, Rabu (5/5).

Polisi pun tidak menemukan surat kendaraan resmi dari pelaku. Akmal mengatakan saat diperiksa Rusdi mengaku sebagai warga dari Kekaisaran Sunda Nusantara.

"Surat kendaraan (resmi) nggak ada. Cuman bawa STNK terbitan Negara Kekaisaran Sunda Nusantara," ungkap Akmal.

Simak video 'Sederet Gambar 'Kekaisaran Sunda Nusantara' di Mobil Pajero SN-45-RSD':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)