Komisi Pertahanan DPR Bahas KRI Nanggala-402 Bareng KSAL Siang Ini

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 10:10 WIB
Kapal selam RI dikabarkan hilang kontak di perairan utara Bali. Kapal selam yang hilang itu adalah kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402. Seperti apa potretnya?
Foto: KRI Nanggala-402 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.)
Jakarta -

Komisi I DPR RI mengagendakan rapat bersama dengan Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Yudo Margono. Rapat Komisi I dan KSAL ini membahas peristiwa kapal selam KRI Nanggala-402.

"Salah satunya itu (rapat Komisi I dan KSAL)," kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari kepada wartawan, Kamis (6/5/2021).

Di agenda kegiatan DPR RI yang dibagikan kepada wartawan, dijelaskan bahwa Komisi I DPR rapat untuk mendapatkan penjelasan Panglima TNI terkait peristiwa KRI Nanggala 402, namun tertulis menghadirkan KSAL Laksamana Yudo Margono.

Rapat rencananya digelar di ruang rapat Komisi I, kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, sekitar pukul 13.00 WIB. Agenda lain yang rencananya dibahas yakni kondisi terkini alutsista TNI AL dan rencana modernisasi alutsista TNI AL khususnya kapal selam.

Belum diketahui apakah rapat Komisi I DPR bersama dengan KSAL Laksamana Yudo Margono ini gelar terbuka atau tidak. Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PPP Syaifullah Tamliha mengatakan rapat terbuka atau tertutup sesuai dengan kesepakatan peserta rapat.

"Tergantung kesepakatan antara Komisi I dengan Panglima TNI. Tapi menurut saya lebih baik terbuka saja agar publik bisa mendengar langsung dari forum yang resmi dan bentuk transparansi TNI kepada publik," imbuhnya.

KRI Nanggala-402 sebelumnya tenggelam di perairan utara Bali dan evakuasi masih terus dilakukan. Asrena KSAL Laksamana Muda Muhammad Ali mengungkap kesulitan mengangkat badan kapal selam itu.

"Untuk mengangkat (KRI Nanggala-402) memang agak susah mungkin," ujar Ali di RSAL, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Selasa (4/5).

Simak video 'Saksi Mata: Situasi Blackout & Gelombang Bawah Laut KRI Nanggala-402':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/imk)