TNI AL Perhitungkan Dampak Torpedo dalam Evakuasi KRI Nanggala-402

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 20:20 WIB
KRI Nanggala 402
KRI Nanggala-402 (FOTO ANTARA/M Risyal Hidayat)
Jakarta -

TNI Angkatan Laut (AL) mengatakan pihaknya memperhitungkan dampak torpedo yang ada di kapal selam KRI Nanggala-402 dalam proses evakuasi. Meski demikian, TNI AL akan terus berupaya mengevakuasi KRI Nanggala-402 dari dasar laut utara Bali.

"Torpedo kan impact. Kalau nggak impact nggak apa-apa. Makanya semuanya dihitung. Torpedonya dihitung, kemudian kondisinya seperti itu kan kita tahu, itu butuh perhitungan yang matang dan tidak gegabah," tutur Kadispen AL Laksma TNI Julius Widjojono saat ditemui di RSAL, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Selasa (4/5/2021).

Julius menyampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan agar kapal selam itu bisa dievakuasi dengan berbagai cara. Julius kemudian membandingkan upaya evakuasi KRI Nanggala-402 dengan kapal selam milik Rusia yang tenggelam dan proses evakuasinya memakan waktu setahun.

"Coba dilihat lagi di Rusia itu, mulainya setelah setahun atau prosesnya setahun coba lihat. Kalau ini kan nggak, Bapak KSAL begitu kejadian, 'Bagaimana caranya ini terangkat'," ucap Julius.

Sebelumnya, evakuasi badan KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan utara Bali masih terus dilakukan. Asrena KSAL Laksamana Muda Muhammad Ali mengungkap kesulitan mengangkat badan kapal selam itu.

"Untuk mengangkat (KRI Nanggala-402) memang agak susah mungkin," ujar Ali di RSAL, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, hari ini.

Ali mengatakan evakuasi badan kapal harus menggunakan pengait. Namun pengait itu tidak bisa dipasang otomatis dari atas kapal di permukaan laut.

Menurutnya, pengait itu harus dipasang oleh penyelam atau robot. Hal ini menjadi salah satu kendala.

"Karena untuk menempelkan pengait dengan barang yang akan diangkat itu butuh tangan. Bisa penyelam, bisa robot," ujarnya.

Simak video 'Saksi Mata: Situasi Blackout & Gelombang Bawah Laut KRI Nanggala-402':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)