Ada Penyekatan Larangan Mudik di Cikarang Barat, Tol Japek Macet 6 KM

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 02:31 WIB
Jakarta -

Polisi menyekat kendaraan di Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat, Tol Jakarta-Cikampek atau KM 31 sebagai operasi larangan mudik. Tindakan itu berimbas pada kemacetan di ruas tol Japek arah Cikampek.

Pada Rabu (6/5/2021), sekitar pukul 01.00 WIB, detikcom menyusuri Jalan Tol Japek dari arah Jakarta menuju Cikampek. Kemacetan bermula dari KM 25.

Aparat kepolisian melakukan penyekatan kendaraan di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, tepatnya di KM 31 Tol Japek. Penyekatan dimulai pada pukul 00.00 WIB.

Kendaraan pengangkut logistik diarahkan untuk melintas di lajur kanan. Kendaraan ini dibolehkan untuk terus melaju tanpa perlu diperiksa polisi.

Sedangkan kendaraan pengangkut penumpang seperti mobil pribadi hingga bus diarahkan untuk melaju di lajur kiri. Kendaraan ini lah yang diberhentikan untuk kemudian diperiksa oleh polisi.

Jika kendaraan itu kedapatan mengangkut penumpang untuk mudik, maka akan langsung diminta keluar GT Cikarang Barat dan memutar balik ke arah Jakarta. Sementara jika memenuhi syarat sebagai orang yang dikecualikan dibolehkan untuk melanjutkan perjalanannya.

Kemacetan tidak terjadi di tol dari arah Cikampek menuju ke Jakarta. Arus lalu lintas di jalur itu terlihat lancar dengan laju kendaraan yang normal.

Dilihat dari akun twitter Jasa Marga, disebutkan kemacetan terjadi sejauh 6 KM. Disebutkan pula kemacetan dikarenakan adanya penyekatan kendaraan.

"2.13 WIB #Tol_Japek Cibitung KM 25 - Cikarang Barat KM 31 PADAT, dampak ada Penyekatan Kendaraan. ; Cikampek - Dawuan - Cikarang - Cikunir - Cawang LANCAR," tulis akun twitter Jasa Marga seperti dilihat detikcom.

(fas/aik)