Round-Up

Bule Prank Masker Lukis di Bali Akhirnya Dipaksa Angkat Kaki

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 22:23 WIB
Jakarta -

Aksi 2 warga negara asing (WNA) yang melukis masker di wajah berakhir miris bagi mereka. Salah satu bule berakhir dideportasi dari RI.

Berdasarkan penelusuran detikcom seperti dirangkum pada Rabu (5/5/2021), video bule melukis wajah tersebut pertama kali diunggah akun Facebook Josh Paler Lin. Unggahan akun tersebut kemudian ditangkap layar dan dibagikan oleh Niluh Putu Ary Pertami Djelantik dalam akun Instagram-nya, @niluhdjelantik.

Dalam video yang beredar, bule wanita hendak masuk ke sebuah swalayan. Namun ia dihadang petugas satpam karena tak memakai masker. Wanita itu kemudian kembali ke dalam mobilnya. Ia melukiskan masker pada wajahnya. Jadi bila dilihat dari jauh, seakan-akan bule tersebut sedang mengenakan masker medis.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali I Dewa Nyoman Rai Dharmadi mengatakan pihaknya langsung memberikan rekomendasi deportasi terhadap kedua bule tersebut. Sebab, kedua bule itu dianggap telah menimbulkan keresahan dan mencederai aturan protokol kesehatan.

"Jadi kita langsung naik ke tingkat rekomendasi," kata Dewa Dharmadi kepada detikcom.

Setelah viral, keduanya meminta maaf secara terbuka. Permohonan maaf itu diunggah melalui akun Instagram @joshpalerlin.

Bule tersebut diketahui bernama Josh Paler Lin asal Taipei dan Leila Se (Lisha) dari Rusia. Dalam video permintaan maaf tersebut, mereka tampak ditemani kuasa hukumnya dari Kantor HMA Law Office and Partner.

"Kami ingin meminta maaf atas video yang saya buat," kata Lisha dalam video permohonan maaf tersebut.

Josh Paler Lin mengungkapkan video tersebut dibuat bukan untuk tidak menghormati ataupun mengajak orang lain tidak memakai masker. Dia mengaku hanya mencoba menghibur karena ia sendiri adalah seorang content creator.

Selanjutnya
Halaman
1 2