Gubernur Bali Ngaku Kerap Ditegur Menteri Gegara Ulah Bule Langgar Prokes

Sui Suadnyana - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 14:16 WIB
Gubernur Bali I Wayan Koster (Angga Riza/detikcom)
Gubernur Bali I Wayan Koster (Foto: dok. detikcom)
Denpasar -

Gubernur Bali Wayan Koster mengaku kerap ditegur sejumlah menteri gegara ulah wisatawan mancanegara di Bali yang kerap melanggar protokol kesehatan (prokes). Salah satunya viral bule membuat prank dengan melukis masker di wajah.

"Terus terang saya setiap ada kejadian di Bali yang dilakukan pelanggaran oleh warga negara asing itu saya selalu mendapat kiriman foto atau video dari para menteri di Jakarta," kata Koster saat konferensi pers di Kanwil Kemenkumham Bali, Rabu (5/5/2021).

Menurut Koster, sejumlah menteri yang mengirim foto dan video tersebut sangat perhatian terhadap permasalahan yang ada di Bali, khususnya berkaitan dengan protokol kesehatan. Ia mengaku diminta memberlakukan kebijakan yang sama tegasnya terhadap WNI maupun WNA.

"Saya diperingatkan jangan (karena) berlaku sebagai wisatawan mancanegara memberikan devisa lantas melakukan tindakan yang melanggar hukum yang tidak menghormati hukum yang berlaku di wilayah Indonesia," jelas Koster.

Karena teguran itulah Koster kini mendeportasi bule pelanggar prokes yang melukis masker di wajah. Koster menilai, hal ini harus dijadikan pelajaran.

"Itulah sebabnya saya perlu melakukan ini supaya ini semua menjadi pelajaran untuk kita tidak hanya bagi warga negara asing, tapi semua pihak yang menjadi bagian dari pelaku pariwisata di Indonesia," kata dia.

"Jangan kita menolerir. Hal-hal seperti ini hanya akan merusak tatanan kehidupan kita dan mencederai kewibawaan negara kita sebagai negara yang berdaulat," sambungnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Tonton juga Video: Walkot Makassar Ngamuk di Mal, Lihat Kerumunan Tanpa Prokes

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2