Kesaksian Ketua RT soal Mobil Berpelat 'Kekaisaran Sunda Nusantara'

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 22:00 WIB
Kendaraan Mitsubishi Pajero bernomor polisi SN-45-RSD yang dikendarai oleh pria bernama Rusdi Karepesina (55) di Tol Cawang. Pria tersebut mengaku sebagai Jenderal Muda di Negara Kekaisaran Sunda Nusantara (Dok Polda Metro Jaya)
Kendaraan Mitsubishi Pajero bernomor polisi SN-45-RSD yang dikendarai oleh pria bernama Rusdi Karepesina (55) di Tol Cawang. Pria tersebut mengaku sebagai Jenderal Muda di 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara' (Dok Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Rusdi Karepesina (55), pria yang ngaku jenderal Kekaisaran Sunda Nusantara, ditilang polisi karena memiliki pelat nomor biru SN-45-RSD. Ketua RT di lingkungan Rusdi di Duren Sawit, Jakarta Timur, Arif Indra, mengatakan pihaknya tidak pernah melihat Rusdi mengemudikan mobil itu.

Awalnya, Arif menceritakan bahwa dirinya tidak tahu-menahu perihal Negara Kekaisaran Sunda Nusantara. Rusdi, kata Arif, hanya warga biasa di lingkungannya.

"Mengenai Sunda Kaisar ini saya nggak tahu ya, beliau keterlibatan apa, tapi yang jelas dia biasa-biasa saja," ujar Arif saat dihubungi, Rabu (5/5/2021).

Arif mengatakan warga di lingkungannya sangat bekerja sama dan saling bergotong royong. Jadi, kata Arif, bila ada kegiatan apa pun yang mengundang khalayak banyak, pasti akan ketahuan.

"Saya tidak tahu tuh, (Kekaisaran Sunda Nusantara)? Tidak pernah denger tahu, tidak pernah lihat kegiatan tersebut di lingkungan RT saya, apalagi di rumahnya," katanya.

"Kan lingkungan/RT kami cukup kecil, sering warga tahu, warga cukup guyub nih, kalau ada apa-apa pasti warga lapor misal kalau ada pesta-pesta atau kegiatan keagamaan atau apa," sambungnya.

Arif mengaku pernah melihat stiker Kekaisaran Sunda Nusantara ini tertempel di mobil Rusdi. Namun, kata Arif, mobil yang dikemudikan Rusdi sehari-hari menggunakan pelat biasa.

"Pelat biasa tapi, artinya memang sudah ada stikernya saja di mobilnya," ucapnya.

Diketahui, Ditlantas Polda Metro Jaya menilang pengemudi Mitsubishi Pajero SN-45-RSD yaitu Rusdi Karepesina (55), pria yang mengaku Jenderal Kekaisaran Sunda Nusantara. Saat ditilang di Jalan Tol Cawang, Rusdi bersikap tidak kooperatif.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan Rusdi hanya menunjukkan SIM dan STNK yang diakui dikeluarkan oleh Kekaisaran Sunda Nusantara. Berbekal surat-surat itu, Rusdi disebut ngotot merasa tidak bersalah.

"Kalau menurut petugas yang menangkap, yang mengamankan, pada saat diperiksa pengemudi ngotot bahwa dia menggunakan STNK dan SIM yang sah menurut Kerajaan Nusantara," kata Sambodo di Gedung Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (5/5).



Simak Video "Pemobil Bernopol Nyeleneh Ditilang, Ngaku Jenderal Kekaisaran Sunda"
[Gambas:Video 20detik]
(whn/aik)