Pertamina Beri Modal Usaha dan Pelatihan untuk 37 Petani di Jabar

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 18:18 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melalui Program Kemitraan memberikan bantuan pembiayaan kepada Pesantren Agribisnis Al Ittifaq, di Jawa Barat. Pjs Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan bantuan tersebut berupa pinjaman modal usaha murah untuk 37 petani binaan dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional.

"Sinergi ini merupakan wujud percepatan produktivitas petani dalam menyediakan pangan dalam kondisi pandemi COVID-19," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (5/5/2021).

Selain menyalurkan modal usaha, ia menyebut Pertamina juga memberikan fasilitas lain kepada para petani binaan. Salah satunya pelatihan untuk meningkatkan kualitas hasil tani, mulai dari proses tanam, pemeliharaan, tebang muat angkut, hingga proses giling.

Dia menjelaskan, para petani binaan ini juga akan mendapatkan sejumlah manfaat, di antaranya apresiasi dalam bentuk bantuan publikasi di media masa lokal maupun nasional, serta kesempatan untuk masuk ke dalam katalog mitra binaan unggulan Pertamina SME 1000.

"Dengan begitu diharapkan usaha mitra binaan makin dikenal luas dan pesanan pun bertambah," kata dia.

Diungkapkannya, Pertamina turut menggandeng Koperasi Pondok Pesantren Al-Ittifaq karena merupakan koperasi percontohan di wilayah Bandung. Menurutnya, koperasi ini telah memasok sayur dan buah-buahan segar untuk jaringan swalayan di Bandung dan Jabodetabek, serta pasar tradisional.

Fajriyah menerangkan sinergi yang terjalin dengan Pondok Pesantren Al-Ittifaq merupakan bagian dari penyaluran sektor pertanian. Dia menyebut Pertamina telah menyalurkan dalam bentuk modal usaha hingga sekitar 8.000 mitra binaan di seluruh Indonesia sejak tahun 1993 hingga 2020.

"Dengan cara ini, diharapkan Pertamina dapat mendukung ketahanan pangan serta peningkatan pemberdayaan masyarakat," tuturnya.

Dia menilai, melalui Program Kemitraan Pertamina bisa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi, sekaligus menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Selain itu juga sebagai implementasi SDGs tujuan ke-8 yakni menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Lebih lanjut dia menyampaikan, Pertamina terus berupaya dalam mendukung pencapaian SDGs lewat program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya.

(fhs/ega)