1.641 Guru Belum Terima Gaji dan SK Kontrak Geruduk Disdik Makassar

Ibnu Munsir - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 14:35 WIB
1.641 Guru kontrak belum terima gaji dan SK geruduk Disdik Makassar (Ibnu Munsir/detikcom).
Sebanyak 1.641 guru kontrak belum terima gaji dan SK menggeruduk Disdik Makassar. (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Sebanyak 1.641 guru kontrak yang belum menerima gaji dan SK kontrak menggeruduk Kantor Dinas Pendidikan Kota Makassar. Para guru itu mengaku sudah 3 bulan belum menerima gaji.

"Gaji yang belum di bayarkan mulai bulan tiga (Maret April Mei). Gaji kami tiga bulan belum dibayar, pertama alasannya itu dana tidak cukup, alasannya juga mereka baru mengajukan ke BPKA ada juga katanya nanti kalau disetujui tidak bisa langsung, tapi bertahap, sebulan dibayarkan," kata seorang guru kontrak yang mengikuti aksi saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (5/5/2021).

Para guru SD dan SMP di Makassar itu meneriakkan tuntutan dan membawa sepanduk terkait kejelasan nasib mereka sebagai guru kontrak.

Selain gaji yang tak kunjung dibayarkan, mereka juga menuntut SK kontrak yang tak kunjung diperpanjang oleh Pemerintah Kota Makassar. SK guru ini seharusnya diterima oleh para guru di awal 2021.

"Jadi jumlahnya itu ada 1.641 orang guru yang belum terima SK kontrak juga. Saya tidak tau apa alasannya sehingga tidak ada SK kami terima," jelasnya.

"Setelah kami menemui Dinas Pendidikan dan beberapa ratus orang tadi, kita sampaikan supaya gaji dibayarkan dan SK kontrak segera diterima," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Manajemen Guru dan Tenaga Pendidikan, Pantja Nur Wahidin mengatakan keterlambatan gaji guru kontrak lantaran adanya masalah administrasi. Ia menyebut dalam waktu dekat gaji guru akan segera diselesaikan sebelum Lebaran.

"Memang ada kendala administrasi karena dari data yang diajukan masih ada guru yang beralih dari P3K dan lulus sebagai CPNS tapi masih terdata di guru kontrak. Ini segera diperbaiki dan kita akan mengajukan pembayaran gaji, isnyaallah 1-2 hari Jumat sudah terima gaji," katanya.

Sementara terkait SK Kontrak guru yang tak kunjung diterima, hal ini karena pejabat Wali Kota sebelumnya susah ditemui untuk perpanjangan SK kontrak. Namun ini juga akan segera dapat diselesaikan.

"Karena pejabat sebelumnya susah ditemui untuk perpanjang SK kontrak guru, jadi terpaksa nanti perpanjangan SK kontrak guru akan di tanda tangani oleh Sekda Makassar," terangnya.

Lihat juga Video: Susan, Guru yang Lumpuh Usai Vaksinasi Dapat Bantuan Jokowi

[Gambas:Video 20detik]

(nvl/nvl)