Bus Mulai Tak Beroperasi, Terminal Pekanbaru Sepi di H-1 Larangan Mudik

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 12:12 WIB
Suasana di Terminal Pekanbaru, Rabu (5/5/2021)
Suasana Terminal Pekanbaru (Raja Adil Siregar/detikcom)
Pekanbaru -

Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau, sepi pada H-1 larangan mudik Idul Fitri atau Lebaran berlaku. Terminal sepi karena banyak bus yang tidak lagi melayani penumpang.

Pantauan detikcom di Terminal Pekanbaru, Rabu (5/5/2021), terlihat hanya ada beberapa bus yang terparkir di terminal. Tak ada kerumunan atau keramaian penumpang di terminal ini.

Suasana di Terminal Pekanbaru, Rabu (5/5/2021)Suasana di Terminal Pekanbaru, Rabu (5/5/2021) (Raja Adil Siregar/detikcom)

Hanya ada sejumlah orang yang hilir mudik membawa barang. Ada juga yang naik dan turun untuk melanjutkan perjalanan dari terminal ini.

Kepala Terminal Payung Sekaki, Henry Tambunan, mengatakan terminal sepi sejak dua hari lalu. Dia mengatakan pihak terminal sudah mengingatkan seluruh agen bus untuk berangkat sebelum larangan mudik berlaku.

"Dua hari ini sepi. Penyebabnya, kami sudah sampaikan kepada agen-agen agar berangkat lebih cepat. Ada yang berangkat terakhir nanti malam, itu kita minta untuk dipercepat, sore ini," kata Henry.

Dia mengatakan puncak aktivitas pemudik di terminal sudah terjadi akhir pekan lalu. Ada sekitar 5.000 orang yang berangkat dari Terminal Payung Sekaki.

"Normal itu sekitar 2.500-3.500 tiap hari penumpang secara keseluruhan di kita. Untuk puncak mudik terjadi akhir pekan kemarin, Sabtu, Minggu, dan Senin kami catat sampai 5.000-an pemudik," katanya.

Dia mengatakan pemudik yang berangkat diminta mematuhi protokol kesehatan selama di bus. "Semua yang berangkat kita cek, cek satu-satu, dan pastikan protokol kesehatan juga dijalankan," katanya.

Tonton juga Video: Dilarang Mudik! Ini Enam Titik Penyekatan di Purwakarta

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)