Warga Mau Beli Baju Lebaran Bikin Pasar Tanah Abang Ramai Hari Ini

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 11:58 WIB
Kondisi Pasar Tanah Abang, Rabu (5/5/2021) pukul 10.30 WIB
Suasana di Pasar Tanah Abang (Kadek Melda/detikcom)
Jakarta -

Keramaian mulai terjadi di Pasar Tanah Abang hari ini. Warga yang hendak membeli baju baru untuk Idul Fitri atau Lebaran mulai memadati Pasar Tanah Abang.

Pantauan detikcom di Blok A dan B pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (5/5/2021), pukul 10.30 WIB, terlihat warga mulai ramai di dalam pasar. Meski demikian, kondisi hari ini tak sepadat akhir pekan lalu.

Suasana lebih ramai terlihat di pintu masuk Blok B. Hal ini disebabkan oleh banyak pedagang yang menggelar lapak di sana.

Kondisi Pasar Tanah Abang, Rabu (5/5/2021) pukul 10.30 WIBKondisi Pasar Tanah Abang, Rabu (5/5/2021), pukul 10.30 WIB. (Kadek Melda/detikcom)

Pengunjung terlihat menenteng kantong plastik berisi barang belanjaan. Pengunjung Pasar Tanah Abang tampak hilir-mudik dari satu lapak ke lapak lainnya.

Sejumlah pengunjung mengaku datang ke Pasar Tanah Abang untuk membeli baju Lebaran. Salah satunya adalah Niken (51).

"Belanja aja baju Lebaran. Ya (hari ini) ramai sih, tapi nggak kayak pas Sabtu," ucap Niken.

Selain itu, ada warga yang belanja baju untuk dijual lagi. Salah satunya Nia (30).

"Ini belanja baju buat dijual lagi," ujarnya.

Personel TNI-Polri dan Satpol PP terlihat berjaga di luar area pasar. Mobil Satpol PP berjejer di sepanjang jalan area pasar Tanah Abang.

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta juga telah membuka kembali Jalan Kebon Jati yang sempat ditutup. Arus lalu lintas di lokasi terpantau ramai lancar.

Kondisi Pasar Tanah Abang, Rabu (5/5/2021) pukul 10.30 WIBKondisi Pasar Tanah Abang, Rabu (5/5/2021). pukul 10.30 WIB. (Kadek Melda/detikcom)

Sebelumnya, kerumunan terjadi di Pasar Tanah Abang menjelang Lebaran membuat Pemprov DKI, dan TNI-Polri bertindak. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kerumunan itu tak terduga.

Membeludaknya Pasar Tanah Abang diketahui terjadi pada Sabtu (1/5) hingga Minggu (2/5) sore. Pemprov DKI menilai pengunjung yang datang ke Pasar Tanah Abang pada Sabtu kemarin jumlahnya hampir 200 persen dari kapasitas.

"Kasus yang kemarin hari Sabtu saja sudah hampir 200 persen dari kapasitas dari Pasar Tanah Abang," kata Sekda DKI Marullah Matali dalam sambutan apel pengamanan Pasar Tanah Abang di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/2).

Pemprov DKI kemudian membuat skema penutupan Pasar Tanah Abang. Jam tutup Pasar Tanah Abang dibagi dua sesi berdasarkan lantai ganjil dan genap.

Lihat juga Video: PT KCI Berharap Ada Evaluasi dari Operasional Pasar Tanah Abang

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)