Doni: Kasus Aktif Corona RI di Catatan Terendah, Bukan Berarti Bisa Lengah

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 11:08 WIB
Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo.
Doni Monardo (Dok. Humas BNPB)
Jakarta -

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo mengatakan bahwa kasus aktif Corona di Indonesia saat ini ada dalam catatan terendah. Namun Doni menekankan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tidak lengah dan tetap taat protokol kesehatan.

"Posisi negara kita sebenarnya dalam kondisi yang sangat bagus sekali hari ini. Kasus aktif kita ini menduduki catatan terendah sepanjang 1 tahun terakhir, 5,88 persen. Kemudian angka kesembuhan kita pun mencapai rekor 91,39 persen, hanya masih kurang adalah angka kematian kita masih berada di atas angka kematian global," kata Doni dalam siaran YouTube Forum Merdeka Barat 9, Rabu (5/5/2021).

Presiden Jokowi, kata Doni, mengatakan bahwa penanganan COVID-19 di RI sudah bagus. Jokowi meminta agar kebijakan itu tidak diubah.

"Bapak Presiden mengatakan setelan ini sudah bagus, jangan sampai diubah lagi, jangan sampai ada kebijakan yang nantinya membuat kasus aktif di daerah bertambah," jelasnya.

Kepala BNPB itu mengatakan bahwa Indonesia terus mengikuti perkembangan kasus Corona di negara kawasan. Sebab, saat ini terjadi lonjakan kasus Corona di negara tetangga.

"Oleh karenanya, kita juga harus mengikuti perkembangan di sekitar kawasan. Kita lihat beberapa negara tetangga kita, bukan hanya virus baru, beberapa negara kita juga mengalami peningkatan kasus di negara mereka. Contohnya sekarang kita banyak menerima kepulangan pekerja migran kita, mereka sudah habis masa berlakunya, masa bekerjanya," tutur dia.

Lihat Video: Mengenal Bahaya dari Varian Corona Afsel, India dan Inggris

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2